Cara Praktis Dapur Bebas Bakteri

Solusi Sehat / 24 January 2010

Kalangan Sendiri

Cara Praktis Dapur Bebas Bakteri

Daniel Official Writer
3616

Membersihkan dapur secara rutin akan mencegah bakteri berkembang biak. Namun kegiatan ini sering membuat kita enggan untuk melakukannya.Ada berapa cara praktis menjaga dapur tetap bersih dan bebas bakteri sebagai berikut :

1. Bersihkan permukaan. Gunakan sabun dan air hangat untuk membersihkan lemari dapur dan keran air secara teratur. Jika menggunakan tisu, segera buang setelah digunakan. Jika menggunakan lap segeralah mencucinya.

2. Bersihkan meja dapur. Bersihkan meja dan tempat pemotong bahan makanan dengan air hangat dan sabun, lalu keringkan.

3. Bersihkan spon cuci. Jangan pernah lupa membersihkan spon yang Anda gunakan mencuci peralatan dapur. Sesekali, spon perlu dicuci dan dipanaskan selama satu menit dalam microwave atau oven untuk membunuh bakteri yang hidup di dalamnya.

4. Atur penempatan bahan makanan di lemari es. Pisahkan tempat daging dan makanan laut dalam lemari pendingin. Untuk mencegah penyebaran bakteri, jauhkan penyimpanan makanan berupa daging-dagingan dengan sayuran atau keju.

5. Gunakan pembersih buatan sendiri. Anda bisa membuat sendiri cairan pembersih dapur dari bahan-bahan yang ada di dapur. Campurkan baking soda (soda kue), cuka, dan air perasan jeruk.

Jika dapur Anda bersih, Anda akan lebih menikmati waktu-waktu di dapur. Selain bersih, dapur Anda juga terbebas dari bakteri dan bibit penyakit.

Sumber : vivanews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami