Ada Desa Dunia Di Lombok

Nasional / 23 January 2010

Kalangan Sendiri

Ada Desa Dunia Di Lombok

Tammy Official Writer
2577
Sebagian orang mungkin sudah mengetahui keindahan Lombok, dan terutama di daerah Gili Trawangan. Di sini, ada suasana "desa dunia" yang sangat kental. Itu terlihat dari bahasa yang digunakan oleh turis asing yang berasal dari berbagai negara. Kita bisa mendengar pembicaraan-pembicaraan dalam bahasa Jerman, Perancis, Spanyol, dan Jepang, dan malah ada juga sekelompok kecil wisatawan yang berkomunikasi dengan bahasa Lebanon. Meskipun tetap saja bahasa dunia yakni bahasa Inggris yang mendominasi.

Mungkin daerah ini masih belum seramai Kuta, Bali, tetapi bagi Ali dan Kahlil, turis warga Swedia keturunan Lebanon ini mengaku terhibur dengan suasana Trawangan. "Di sini suasana tenang, alami, tidak ada polusi, saya suka," kata Ali, yang bersama 12 rekannya tinggal selama tiga hari pada pertengahan Januari.

Di Gili Trawangan memang tidak diizinkan menggunakan kendaraan bermesin. Yang diizinkan hanyalah cidomo (kendaraan khas daerah), kuda, dan sepeda gayung. Alat-alat transportasi tersebut disewakan kepada turis yang ingin jalan-jalan mengitari pulau seluas 338 hektar itu.

Wilayah Lombok memang sedang menjadi incaran banyak turis mancanegara. Tertarik berwisata ke sana?

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami