10 Makanan Paling Sehat Bagi Tubuh

Gizi & Nutrisi / 23 January 2010

Kalangan Sendiri

10 Makanan Paling Sehat Bagi Tubuh

Puji Astuti Official Writer
8998

Makanan berperan penting dalam menjaga tubuh Anda tetap sehat, untuk itu jangan memasukkan apa saja tanpa pertimbangan ke dalam perut Anda. 10 makanan sehat ini adalah beberapa yang paling sehat karena mereka setidaknya memenuhi beberapa kriteria berikut:

• Merupakan sumber serat, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya

• Mengandung phytonutrisi yang tinggi dan senyawa antioksidan, seperti vitamin A dan E dan beta karoten

• Dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan lainnya

• Rendah kalori, yang berarti Anda mendapatkan porsi yang lebih besar dengan jumlah kalori yang lebih sedikit

• Mudah di dapatkan

Berikut 10 jenis makanan tersebut

Kacang almond.  kacang yang berbentuk tetesan air ini dikemas dengan nutrisi - serat, riboflavin, magnesium, zat besi dan kalsium. Bahkan, almond memiliki lebih banyak kalsium dari kacang lainnya - 75 miligram (mg) dalam satu porsi (sekitar 23 almond).

Seperti semua kacang-kacangan, almond merupakan salah satu tanaman terbaik sumber protein. Dan mereka baik bagi jantung Anda. Sebagian besar lemak dalam almond adalah lemak tak jenuh tunggal - suatu jenis lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Apel.  Apel adalah sumber pektin yang sangat baik, serat yang larut yang dapat menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Apel segar juga merupakan sumber vitamin C - sebuah antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin C juga membantu membentuk jaringan ikat kolagen, menjaga Anda dan pembuluh darah kapiler tetap sehat, dan membantu dalam penyerapan zat besi.

Blueberry. Blueberry merupakan sumber yang kaya senyawa tanaman (fitonutrien). Seperti dengan cranberry, phytonutrisi dalam blueberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih. Blueberry mungkin juga meningkatkan memori jangka pendek.

Blueberry juga merupakan sumber kalori rendah serat dan vitamin C - 1 cangkir blueberry segar memiliki 84 kalori, 3.6 gram serat dan 14 mg vitamin C.

Brokoli.Tanaman ini selain menjadi sumber yang baik bagi kalsium, kalium, folat dan serat, brokoli mengandung fitonutrien - sekelompok senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Brokoli juga merupakan sumber vitamin A dan C - antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan.

Kacang merah - termasuk kacang merah kecil dan kacang merah gelap - merupakan sumber zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga dan thiamin. Mereka juga sangat baik karena rendah lemak, sumber protein rendah kalori dan serat makanan. Kacang merah juga mengandung fitonutrien yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Ikan Salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 - sejenis lemak yang mencegah pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Omega-3 ini juga mencegah denyut jantung tidak teratur yang dapat menyebabkan kematian jantung mendadak, menurunkan kadar trigliserida, mengurangi pertumbuhan plak penyumbatan arteri, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

Selain menjadi sumber yang sangat baik untuk omega-3s, salmon merupakan sumber protein yang baik.

Bayam mengandung vitamin A dan C yang tinggi dan folat. Ini juga sumber yang baik untuk riboflavin, vitamin B-6, kalsium, besi dan magnesium. Senyawa dalam tanaman bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu menjaga rambut dan kulit Anda sehat.

Ubi Jalar yang berwarna kuning oranye memberitahu Anda bahwa mereka tinggi antioksidan beta karoten. Makanan sumber beta karoten ini, akan dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh Anda, dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Ubi jalar juga merupakan sumber yang baik untuk serat, vitamin B-6, C dan E, folat dan potasium. Dan seperti semua sayuran, mereka bebas lemak dan relatif rendah kalori - ubi kecil hanya mengandung 54 kalori.

Jus sayuran memiliki sebagian besar vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang ditemukan dalam sayuran asli dan merupakan cara mudah untuk memasukkan sayuran dalam diet Anda. Jus tomat dan sayuran merupakan sumber-sumber yang baik unutk lycopene, sebuah antioksidan yang dapat mengurangi risiko serangan jantung, kanker prostat dan mungkin jenis kanker lainnya. Beberapa sayuran dan jus tomat sangat tinggi natrium, jadi pastikan untuk memilih varietas natrium rendah.

Biji Gandum. Di tengah-tengah biji gandum ada bibit gandum - bagian dari benih yang bertanggung jawab untuk pengembangan dan pertumbuhan tanaman yang baru tumbuh. Meskipun hanya sebagian kecil dari biji gandum, bibit tersebut merupakan sumber nutrisi berkonsentrasi tinggi, termasuk niacin, thiamin, riboflavin, vitamin E, folat, magnesium, fosfor, kalium, besi dan seng. Kuman juga mengandung protein, serat dan beberapa lemak.

Sumber : Mayoclinic.com
Halaman :
1

Ikuti Kami