Investor Sok Tahu

Investor Sok Tahu

Budhi Marpaung Official Writer
1841

Sudah berapa banyak artikel investasi yang Anda baca atau seminar-seminar mengenai bagaimana berinvestasi yang membawa keuntungan besar dalam waktu yang singkat? Mungkin jumlahnya Anda sendiri tidak bisa menghitungnya karena sudah begitu banyak hingga Anda akhirnya menjadi jenuh. Namun, pertanyaan selanjutnya adalah, seberapa banyak teori atau pengetahuan yang Anda miliki tersebut telah Anda praktikkan di dalam kehidupan sehari-hari? Jawabannya mungkin sangat sedikit ataupun tidak pernah digunakan.

Salah satu kekeliruan yang kerap dilakukan oleh para investor pemula atau bahkan calon investor yang sudah beberapa kali berusaha dalam bidang ini dan tetap gagal adalah karena mereka sok tahu. Otak mereka berpikir begitu keras, ‘apakah menggunakan saran dari investor sukses A atau investor si B,' tetapi kedua saran itu tidak sebenarnya tidak akan dipakai.

Para investor pemula atau pun calon investor ini mengambil jalan sendiri karena takut bila pada akhirnya pilihan mereka menjadi salah. Namun, ketika mereka menjalani investasi dengan cara mereka sendiri yang terjadi adalah yang ditakutkan sendiri yakni melakukan kesalahan dan tragisnya investasi yang telah dibangun selama berbulan-bulan atau hitungan tahunan mengalami kegagalan.  

Untuk menjadi investor yang sukses, Anda tidak bisa hanya mengandalkan intuisi dan tekad yang kuat. Anda perlu mendapatkan masukan dari sumber-sumber lain mengenai investasi baik itu dari bacaan, seminar, maupun komunikasi langsung dengan investor yang telah berhasil menjalankan investasinya. Semua ini akan menjadi modal yang kuat ketika Anda menjalani investasi Anda.

Manfaatkan modal yang Anda miliki saat ini dan mulai terapkan dalam kehidupan berinvestasi Anda. Mungkin akan ada satu dua perbedaan di dalam praktiknya, tetapi itu tidaklah menjadi masalah.

Akhir tulisan, izinkan saya mengucapkan selamat berinvestasi dan sukses selalu.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami