Tim Relawan Indonesia Gagal Masuk Haiti

Nasional / 21 January 2010

Kalangan Sendiri

Tim Relawan Indonesia Gagal Masuk Haiti

Daniel Official Writer
2129

Karena alasan keamanan, 81 anggota tim relawan dari Indonesia gagal masuk ke Haiti untuk ikut membantu korban gempa. Padahal sejak hari Senin(18/1), tim ini sudah menunggu di Honolulu, Amerika Serikat sebelum menuju Haiti. Tim yang berangkat bersama rombongan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini, sempat tertahan di Santo Dominggo, Dominika, karena tidak bisa masuk ke Port Au Prince, Ibukota Haiti.

Menurut  Priyadi Kardono, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, semula tim relawan Indonesia berencana akan masuk ke Haiti melalui jalur darat dari Republik Dominika yang bisa ditempuh sekitar 9 jam perjalanan. Namun, tim PBB memperingatkan bahwa kondisi di Haiti saat ini rawan kriminal dan penjarahan, sehingga berisiko tinggi jika masuk ke sana tanpa ada jaminan keamanan.

Akhirnya  tim relawan menyerahkan bantuan pemerintah RI untuk korban gempa Haiti kepada Tim PBB, di Santo Dominggo, Dominika. Bantuan Indonesia sebanyak 25 ton tersebut berupa bahan makanan, obat-obatan, selimut dan tikar, yang memang sangat dibutuhkan korban gempa. Ternyata bukan hanya Indonesia yang mengalami hal tersebut, sejumlah negara lain juga hanya bisa menitipkan bantuan mereka kepada perwakilan PBB di Republik Dominika. 

Sumber : liputan 6.com
Halaman :
1

Ikuti Kami