Dari Ganja Menjadi Kambing

Nasional / 20 January 2010

Kalangan Sendiri

Dari Ganja Menjadi Kambing

Lestari99 Official Writer
2719

Apa hubungannya ganja dan kambing? Hanya masyarakat Aceh dan Polri yang tahu masalah ini. Memerangi ganja di Aceh, Polri pun menjadikan kambing sebagai senjatanya. Melalui sambutannya dalam acara ‘Launching Zero Toleransi Narkoba' di Terminal 2 D Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Rabu (20/01), Kepala Polri Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengatakan telah berhasil merubah sistem pencaharian masyarakat Aceh dari bertani ganja menjadi beternak kambing.

"Program yang kita lakukan dengan merubah sistem pertanian. Dari community development kita lakukan perubahan, kesejahteraan tidak dari ganja tapi dengan peternakan kambing," ujar Kapolri.

Upaya pengalihan pencaharian masyarakat tersebut telah dilakukan di tiga kabupaten di Provinsi Aceh Nanggroe Darussalam dan dinyatakan sudah berhasil berubah. Kebijakan Polri ini mirip dengan kebijakan yang telah diterapkan di Thailand. Kapolri menjelaskan bahwa Tailand telah berhasil menurunkan produksi dan peredaran ganjanya. Program ini juga telah disetujui oleh PBB.

Cara-cara kreatif seperti inilah yang dibutuhkan untuk berbagai masalah krusial yang terjadi di negeri ini. Semoga saja langkah awal ini dapat melahirkan langkah-langkah baru berikutnya untuk menangani berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh bangsa ini.

Sumber : vivanews
Halaman :
1

Ikuti Kami