Penipuan Donasi Bagi Korban Haiti

Internasional / 20 January 2010

Kalangan Sendiri

Penipuan Donasi Bagi Korban Haiti

Lestari99 Official Writer
4067

Banyak orang Amerika yang menyumbangkan uang mereka dalam upaya membantu para korban gempa di Haiti. Tetapi pemerintah setempat memperingatkan warganya agar berhati-hati dalam menyalurkan sumbangan mereka karena berpotensi untuk tertipu.

FBI mengatakan bahwa para donatur harus waspada dalam niat mereka membantu para korban gempa bumi. Pakar keamanan mengatakan masyarakat memang tidak seharusnya menghentikan kepedulian mereka untuk menyumbang, tetapi masyarakat harus mengikuti tips ini ketika menentukan di mana uang mereka harus disalurkan:

* Jangan klik link atau attachments yang terkandung dalam spam berisi bantuan, meskipun mereka menyertakan gambar dari tragedi. Attachments tersebut bisa jadi adalah virus.

* Jangan pernah membalas email meskipun diminta dan jangan meng-klik link yang ada di pesan tersebut.

* Jadilah orang skeptis kepada mereka yang meminta uang dan mengatakan bahwa mereka adalah korban dari sebuah tragedi.

* Jadilah sangat skeptis kepada website yang meminta informasi pribadi secara rinci, seperti nomor jaminan sosial Anda, tanggal lahir atau informasi nomor rekening bank dan pin.

* Cek terlebih dahulu organisasi mana saja yang merupakan organisasi resmi dan memiliki website resmi bagi kegiatan mereka.

Potensi terjadinya penipuan melalui situs sudah mulai bermunculan. Pakar keamanan internet Joel Esler mengatakan lebih dari 400 alamat internet yang berkaitan dengan Haiti telah didaftarkan sejak gempa yang menghancurkan negara tersebut pada Senin minggu lalu.

Banyak dari situs tersebut yang memang merupakan situs resmi dan mengajak para visitornya untuk beramal. Namun ada juga yang terkait dengan situs-situs penipuan untuk menyebarkan virus dan perangkat lunak berbahaya.

FBI bahkan mendesak para donatur untuk berpatokan dengan situs dan badan amal yang memang sudah mereka ketahui dengan baik. Peringatan ini, bagaimanapun juga seharusnya tidak membuat orang urung untuk memberi. Para penyumbang hanya diminta untuk berhati-hati dan bertanggung jawab atas sumbangan mereka.

Berkenaan dengan hal itu, Jawaban.Com memberi kesempatan bagi Anda yang ingin menyalurkan bantuan bagi korban gempa Haiti melalui Forum Jawaban.Com. Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan melalui Operation Blessing International (OB International). Untuk informasi selengkapnya silahkan lihat di sini.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami