Hacker Cina: Cantik-cantik Pun Hacker!

Nasional / 19 January 2010

Kalangan Sendiri

Hacker Cina: Cantik-cantik Pun Hacker!

Tammy Official Writer
3751
Angkat kakinya Google dari daratan Cina yang disebabkan oleh serangan-serangan hacker Cina ke sistem mereka, ternyata salah satunya disebabkan oleh Xiao Tian bersama kelompok hacker yang diketuainya.

Xiao Tian, gadis muda berusia 20 tahun ini adalah pemimpin dari kelompok hacker China Girl Security Team. Ia mulai dikenal saat ia berusia 19 tahun, setahun setelah membentuk tim hackernya pada Maret 2007. "Saya membentuk China Girl untuk memberi ruang bagi perempuan yang tidak dianggap dalam dunia hacker yang dijejali kaum Adam," kata gadis kelahiran Hunan, 6 September 1989 ini.

Sehari-harinya gadis ini menuntut ilmu di Universitas Teknologi Xi'an. Mungkin ia berbeda dari asumsi kebanyakan orang bahwa hacker selalu berpenampilan nerd. Buktinya, ia layaknya seperti gadis kebanyakan. Berpenampilan modis, menyukai sepatu high heels, dan suka menjinjing tas Louis Vuittonnya.

Meski anggota klub hacker-nya masih relatif kecil dibandingkan dengan populasi hacker di Cina, tetapi tak diragukan lagi bahwa Xiao Tian telah berada di jajaran selebritis hacker di Cina. Ya, hacker Cina memang berbeda. Mereka memiliki rasa nasionalisme dan lebih suka untuk bergabung dalam satu kelompok. Kontras dengan stereotipe hacker di dunia barat yang umumnya lebih mandiri dan bekerja secara individual di ruang bawah tanah tempat tinggal mereka.


Sumber : vivanews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami