Sumatera Bagian Barat Berpotensi Gempa Besar

Nasional / 18 January 2010

Kalangan Sendiri

Sumatera Bagian Barat Berpotensi Gempa Besar

Daniel Official Writer
2654

Sebuah peringatan dilontarkan oleh tim ahli seismologi yang dilansir kantor berita AFP, Senin(18/1) bahwa Indonesia masih memiliki potensi gempa dan tsunami seperti yang pernah terjadi di Aceh dan sekitarnya pada 26 Desember 2004. Dimana lebih dari 220 ribu orang tewas dalam bencana tsunami tersebut saat gempa berkekuatan 9,3 Skala Richter mengguncang parit Sunda bagian Utara.

Tim ini dipimpin oleh ilmuwan terkemuka John McCloskey, profesor di Institut Riset Sains Lingkungan Hidup di Universitas Ulster, Irlandia Utara. McCloskey terkenal sejak prediksi gempa Sumatera yang cukup akurat di tahun 2005. Menurut hasil penelitian mereka, potensi gempa tersebut disebabkan karena akumulasi penumpukan tekanan yang terus-menerus dalam dua abad terakhir di belahan parit Sunda (Sunda Trench), salah satu zona gempa paling mengerikan di dunia, yang berlangsung paralel ke pantai Sumatera bagian barat.

Meskipun mereka tidak memberitahukan kapan gempa tersebut akan terjadi, namun mereka memperkirakan bahwa Padang adalah daerah yang paling berisiko terkena dampak yang paling parah.  Tim ini melalui McCloskey telah mengingatkan pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah guna menyiapkan diri terhadap risiko gempa bumi berikutnya di Padang usai gempa dahsyat di Padang pada 30 September 2009. Sumber : yahoo.com
Halaman :
1

Ikuti Kami