Cepat Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Cepat Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Daniel Official Writer
2406

Mendapatkan pekerjaan baru berarti Anda akan masuk ke dalam lingkungan yang baru. Pertanyaannya adalah apakah Anda bisa dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru itu? Karena kecepatan Anda beradaptasi akan menentukan keberhasilan karier Anda. Jangan sampai Anda mendapat predikat sebagai orang yang sering berpindah-pindah kerja dengan alasan tidak betah, teman kerja kurang enak, atau tekanan dalam lingkungan kerja terlalu keras.

Ada berapa tip yang bisa membantu Anda untuk bisa segera beradaptasi dengan lingkungan baru Anda :

1. Menghargai budaya perusahaan. Lingkungan kerja baru memiliki peraturan yang baru. Taati setiap peraturan yang tertulis maupun tidak tertulis namun bersifat mengikat.

2. Buka pikiranmu. Anda membutuhkan bantuan dan belajar dari para senior di kantor. Pengalaman dari para senior akan sangat bermanfaat untuk Anda dalam lingkungan baru itu. Janganlah menutup diri. Terimalah kritikan orang lain. Bila Anda bekerja sebagai tim, cobalah untuk meraih kepercayaan di dalam tim.

3. Pelajari dengan saksama tugas utama. Cobalah pelajari terlebih dahulu tugas-tugas apa saja yang semestinya Anda kerjakan. Teliti dan pilih mana tugas yang harus diprioritaskan. Bila mengalami kesulitan, Anda bisa menanyakannya kepada atasan. Jangan lupa untuk melihat prosedur kerja terlebih dahulu supaya Anda tidak salah dalam mengambil tindakan. Setelah itu, cobalah evaluasi hasil kerjaan Anda. Apakah sudah sesuai dengan target yang diinginkan atau belum?

4. Banyaklah bertanya. Segera ajukan pertanyaan apabila ada sesuatu yang menurut Anda kurang jelas. Bertanyalah kepada atasan atau rekan kerja Anda yang lebih berpengalaman.

5. Evaluasi hasil kerja Anda. Evaluasi berguna untuk meningkatkan kualitas kerja Anda. Jika ada kekurangan, diskusikan dengan rekan kerja untuk mencari solusinya.

Sumber : okezone.com
Halaman :
1

Ikuti Kami