Anjing Pun Perlu Belajar Bahasa Inggris

Nasional / 15 January 2010

Kalangan Sendiri

Anjing Pun Perlu Belajar Bahasa Inggris

Lestari99 Official Writer
3435

Cent, seekor anjing jantan jenis collie, sempat membuat bingung para staff lembaga penyantun binatang RSPCA di Oldham, Inggris ketika ia tidak menunjukkan respon sama sekali ketika diberikan aba-aba yang paling sederhana sekalipun. Greater Manchester, salah satu staff RSPCA, semula menduga Cent mungkin tuli.

Setelah mencermati riwayat hidup Cent, barulah diketahui penyebabnya. Cent ternyata berasal dari keluarga Polandia sehingga tidak bisa ‘memahami' bahasa Inggris. Para staff pun mempelajari penguasaan aba-aba untuk anjing dalam bahasa Polandia dan secara bersamaan mengajarkan aba-aba dalam bahasa Inggris kepada Cent. Hasilnya? Setelah empat bulan, kini Cent telah memahami aba-aba dalam dua bahasa dan siap untuk ditampung di rumah baru.

Banyak hal lucu terjadi ketika proses pengajaran ini sedang berlangsung. Para staff memanfaatkan internet untuk menemukan frase yang mungkin dikenali Cent, meskipun mereka sendiri tidak yakin bagaimana cara melafalkan frase yang mereka temukan.

"Kami kuasai beberapa aba-aba dasar seperti sit (duduk) - siad, dan come (kemari) - do mnie, dan dia tampaknya mengerti dengan kata-kata yang kami ucapkan. Terus terang, mungkin dia tertawa sebab kami keliru melafalkannya, tapi kami juga mengajari dia versi bahasa Inggris aba-aba tersebut," ujar Karen Heath, seorang asisten perawat anjing.

Cent telah tinggal di lembaga penyantun binatang RSPCA sekitar empat bulan dan memerlukan rumah baru. Para staff juga memastikan bahwa warga yang berniat mengadopsi anjing tersebut tidak perlu menguasai bahasa Polandia. Sepertinya Cent menjadi salah satu anjing yang beruntung di dunia ini karena berhasil menguasai dua bahasa asing, Polandia dan Inggris, yang bahkan tidak semua manusia di muka bumi ini memiliki kesempatan yang sama.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami