Ingin Tetap Prima? Biasakan Tidur Sehat

Solusi Sehat / 14 January 2010

Kalangan Sendiri

Ingin Tetap Prima? Biasakan Tidur Sehat

Budhi Marpaung Official Writer
3874

Banyak anggapan dari para kaum profesional yang hidup di kota besar dan memiliki jadwal aktivitas yang padat menganggap bahwa tidur hanyalah sebuah kegiatan melepas lelah. Bagi mereka, tidur hanya 3 atau 4 jam tidaklah menjadi masalah. Namun, dalam kenyataannya, apa yang diharapkan malah tidak sesuai dengan yang terjadi.

Untuk dalam jangka waktu tertentu, tidur dengan pola waktu hanya beberapa jam di malam hari tidak menjadi persoalan, tetapi saat tubuh tidak dapat lagi bekerja sama maka yang terjadi kita sudah berada di rumah sakit dan harus istirahat total dalam jangka waktu yang tidak pendek. Akibat dari kondisi ini adalah pekerjaan Anda akan banyak sekali terbengkalai atau target-target baru dalam usaha yang sedang Anda bangun harus tertunda dalam waktu yang cukup panjang.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa kebiasaan yang harus Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kebiasaan tidur Anda juga menjadi sehat. Berikut kebiasaan-kebiasaan sehat yang dimaksud:

1. Ciptakan lingkungan yang kondusif. Sebisa mungkin saat Anda hendak tidur bahwa sekeliling Anda benar-benar jauh dari kebisingan seperti suara radio atau televisi. Jangan lupa juga matikan lampu karena dari beberapa penelitian bahwa tubuh lebih mudah untuk tidur di dalam ruangan yang tidak ada cahaya.

2. Atur waktu tidur dan bangun yang konsisten. Anda harus sadar bahwa tubuh ini memiliki keterbatasan sehingga ia tidak dapat diajak untuk terus mengikuti apa yang ingin Anda lakukan. Oleh karena itu, sangat disarankan Anda memiliki jam tidur tertentu. Disiplinlah mengikuti waktu tersebut karena akan berdampak kepada kapan Anda akan bangun di pagi hari.

3. Jauhi Obat Tidur. Mengonsumsi minuman berkafein dan menghisap rokok adalah dua hal yang harus Anda singkirkan agar bisa tidur pada malam hari. Kafein pada kopi dan zat nikotin yang terdapat pada rokok membuat Anda akan terus terjaga sehingga ketika Anda memasukkan itu dalam tubuh, Anda pun akan kesulitan untuk tidur.

4. Olahraga teratur. Sangat tidak dianjurkan untuk olahraga berat menjelang tidur karena itu akan membuat metabolisme tubuh Anda akan bekerja dengan luar biasa. Agar Anda tetap bisa melakukan aktivitas ini maka Anda hanya memundurkan waktunya saja, yakni sekitar 6-8 jam sebelum waktu tidur. Diperbolehkan untuk melakukan olahraga-olahraga kecil selama kurang lebih 20 menit sebelum membaringkan badan di tempat tidur.

5. Turunkan suhu tubuh. Penggunaan air panas pada saat mandi di malam hari membuat tubuh Anda bukannya cepat akan tidur, melainkan malah memperlambat. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan suhu dalam tubuh. Oleh karena itu, gunakan saja air pada saat Anda mandi di waktu tersebut.

6. Jangan paksa diri untuk tidur. Salah satu hal yang keliru dan sering dilakukan oleh orang yang tidak bisa tidur adalah memaksa mata tetap tertutup padahal tubuh Anda belum mau beristirahat. Mengatasi hal ini adalah dengan melakukan aktivitas yang membuat Anda bisa mudah tidur, seperti membaca buku atau menonton program televisi yang kurang menarik. Segera kembali ke kamar ketika kantuk mulai menyerang.

7. Hindari tidur siang. Tidur pada siang hari akan membuat Anda susah tidur di malam harinya karena adanya energi yang tersimpan dari aktivitas tersebut. Bila ini yang terjadi maka pola tidur Anda akan berubah dan kebiasaan tidur sehat yang diidamkan akan menjadi sebuah mimpi yang takkan terwujud.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami