Ada Pesan Rasis Dalam Film Avatar

Nasional / 12 January 2010

Kalangan Sendiri

Ada Pesan Rasis Dalam Film Avatar

Puji Astuti Official Writer
4327

Mendekati akhir masa tayang film Avatar di bioskop-bioskop, kritikus film mulai bersuara. Film ini dianggap mengangkat tema rasis dimana "pahlawan berkulit putih" menyelamatkan pribumi yang primitif. 

Film yang menampilkan ras berkulit biru dengan tinggi 9 kaki dan berekor panjang dari planet Pandora ini dianggap sebagai perbandingan dari orang pribumi di planet Bumi, yang menurut kritikan dari ratusan postingan blog, surat kabar dan Tweet menggambarkan suatu cerita fantasi dimana akan datang seorang "Mesias berkulit putih" yang menjadi penyelamat.

Penulis dan sutradara film ini, James Cameron membantah pendapat tersebut. Dia menyatakan bahwa tema sesungguhnya adalah tentang menghormati perbedaan.

Robinne Lee, seorang artis berkulit hitam yang keturunan Jamaica dan Cina dan pernah bermain dalam film "Seven Pounds" dan "Hotel for Dogs" mengatakan ia mengerti logika ekonominya mengapa di casting orang berkulit putih, hal ini dikarenakan hampir sebagian besar penonton berkulit putih.

"Ini sangat mengecewakan dalam banyak hal. Tetapi akan lebih menyenangkan jika kita bisa menyelamatkan diri kita sendiri," demikian ungkap Lee.

Dalam pernyataan yang dikirimkan ke Associated Press, Cameron berkata, "Saya meminta kita untuk membuka mata dan benar-benar melihat orang lain, menghormati mereka sekalipun mereka berbeda dengan kita, dengan harapan kita mungkin menemukan jalan untuk mencegah konflik dan hidup lebih harmonis di dunia ini. Saya tidak berpikir bahwa hal itu adalah pesan rasis. "

Ada banyak cara untuk mengartikan pesan yang disampaikan melalui film "Avatar" ini. Mari ambil sisi positifnya. Perbedaan boleh ada, namun kita harus menghormati orang lain yang berbeda dengan kita dan memperlakukan mereka dengan penuh kasih.

Sumber : Associated Press
Halaman :
1

Ikuti Kami