Ada PKI di Facebook?

Nasional / 11 January 2010

Kalangan Sendiri

Ada PKI di Facebook?

Budhi Marpaung Official Writer
4173

Organisasi terlarang pada zaman orde baru, Partai Komunis Indonesia hidup kembali. Ia bangkit seiring perkembangan politik di negeri ini yang sudah semakin terbuka terhadap semua aliran politik.

Kini, para pengikut partai beraliran kiri itu hadir dengan memanfaatkan perkembangan dunia maya sebagai wadah penyebaran ideologi. Belum lama ini, sebuah Fan Page di Facebook yang diberi nama Partai Komunis Indonesia 2010 menghiasi jejaring sosial terbesar di Asia tersebut. Jumlah pengikut Fan Page PKI 2010 yang ada saat ini yakni sekitar 2000 akun FB.

Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Departemen Komunikasi Informatika (Depkominfo) mengaku masih sedang mempelajari kehadiran organisasi yang dicap sebagai dalang terbunuhnya sejumlah Jendral yang dikenal dengan dengan Gerakan 30 September PKI. Jadi, belum diketahui apakah nantinya Fan Page tersebut ditutup atau tidak. Demikian ungkap Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo, Gatot S. Dewa Broto, Senin (11/1/2010).

Sementara itu, pada tempat yang berbeda, Kepala Departemen Pendidikan Nasional Kota Probolinggo, Maksoem Subani menyatakan telah memberikan penataran kepada guru-guru di wilayahnya sebagai langkah antisipasi terhadap munculnya organisasi ber-ideologi komunis tersebut di dunia maya. Mudah-mudah melalui hal ini, para guru dapat memantau murid-muridnya agar tidak jatuh kepada ajaran-ajaran yang salah.

Sumber : detikinet/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami