Hati-Hati, Kandungan Berbahaya Dalam Perhiasan Cina

Nasional / 11 January 2010

Kalangan Sendiri

Hati-Hati, Kandungan Berbahaya Dalam Perhiasan Cina

Lestari99 Official Writer
3587

Sebaiknya Anda jangan tergiur dengan murahnya harga-harga barang dari Cina. Karena kualitas tetap nomor satu, apalagi jika menyangkut kesehatan konsumen. Pasalnya, isu bahan berbahaya yang terkandung dalam produk asal Cina kembali menyeruak. Saat ini perhiasan anak-anak produksi Cina diduga mengandung bahan senyawa berbahaya, kadmium.

Associated Press memprakarsai sebuah uji lab atas produk Cina dan menemukan kadmium yang terkandung dalam perhiasan anak-anak tersebut sekitar 91 persen dari berat keseluruhan perhiasan. Selain kadmium, hasil uji lab juga menemukan bahan berbahaya lain yang bisa melebur kadmium. Senyawa ini diketahui dapat merusak perkembangan otak pada anak. Cukup dengan menghisap atau menggigitnya secara terus-menerus, anak-anak dapat dipastikan langsung terkontaminasi kadmium.

Bruce A Fowler, seorang ahli kadmium dari Pusat Penanggulangan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) mengatakan jika dalam daftar 275 bahan kimia paling berbahaya yang dikeluarkan CDC, kadmium berada pada peringkat tujuh. Namun parahnya, produk perhiasan Cina untuk anak-anak ini sudah beredar luas di Amerika Serikat.

Kalangan industri perhiasan di Cina memang diketahui menggunakan kadmium selama bertahun-tahun. Apalagi salah satu alasan penggunaan kadmium karena harganya yang lebih murah di pasaran. Jika sudah seperti ini, pemerintah Indonesia sebaiknya mengambil langkah tegas dan kongkrit untuk melindungi para konsumen dalam negeri dari dampak negatif produksi Cina. Karena kadmium diyakini juga terkandung dalam produk-produk Cina lainnya. Jadi, murah bukan jaminan bukan?

Sumber : okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami