Tips Agar Anak Mandiri

Parenting / 10 January 2010

Kalangan Sendiri

Tips Agar Anak Mandiri

Tammy Official Writer
3015
Agar anak mandiri tentulah harus melalui proses dimana dukungan dari orang tua sangatlah dibutuhkan. Berikut beberapa tips yang harus dilakukan orang tua dalam melatih kemandirian anak, yakni:

• Jangan remehkan kemampuan anak, tetapi juga tidak memujinya secara berlebihan.
• Terutama dalam melatih anak dua tahun untuk mandiri, orang tua harus memiliki stok kesabaran ekstra. Karena sang anak memiliki kemampuan yang amat terbatas, tentu anak akan melakukan berbagai kekacauan. Misalkan, karena ia belum dapat membawa minuman atau makanan panas sendiri, ya wajar saja jika ia melakukan beberapa kesalahan atau kekeliruan.
\"Tips• Dalam proses untuk menjadi mandiri, anak seringkali merasa kesal sendiri. Pertama, tak jarang ia gagal melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri, padahal ia telah mencoba dengan cara yang persis seperti yang dilakukan ibunya. Dan ia akan makin sebal jika kegagalannya diberi komentar negative oleh orang dewasa. Dan yang kedua, anak juga sering merasa kesal jika tidak diberi kesempatan untuk mencoba oleh orang-orang dewasa di sekitarnya. Seharusnya, bila anak memang keliru melakukan sesuatu, katakan saja langkah-langkah apa yang harus ia lakukan.

Itulah dia tips-tips agar anak Anda dapat menjadi pribadi seorang anak mandiri yang tentunya akan menjadi bekalnya di masa depan kelak ketika ia dewasa.


Sumber : ayahbunda.co.id
Halaman :
1

Ikuti Kami