Fakta Nutrisi Buah Nanas

Gizi & Nutrisi / 10 January 2010

Kalangan Sendiri

Fakta Nutrisi Buah Nanas

Lestari99 Official Writer
4251

Nanas, Ananas comosus, tergabung dalam keluarga Bromeliaceae, dan menjadi salah satu buah yang memiliki senyawa yang sangat penting bagi kesehatan, yaitu enzim bromelain.

Bromelain adalah gabungan dari enzim yang terbukti dapat mengurangi peradangan dan mengurangi pembengkakan jenis tertentu. Enzim ini menghalangi produksi kinins yang terbentuk selama peradangan. Dalam uji klinis manusia, bromelain secara signifikan menunjukkan efek anti peradangan, mengurangi pembengkakan pada kondisi peradangan seperti sinusitis akut, sakit tenggorokan, rematik dan asam urat, dan mempercepat pemulihan dari cedera maupun operasi. Untuk memaksimalkan efek anti peradangan dari bromelain ini, nanas sebaiknya dimakan di sela-sela jadwal makan atau enzim yang dikandungntya akan terpakai untuk mencerna makanan.

Nanas merupakan sumber yang sangat luar biasa dari mineral mangan, yang merupakan kofaktor esensial dari sejumlah enzim penting dalam memproduksi energi dan membentuk pertahanan antioksidan.

Selain mangan, nanas merupakan sumber yang banyak mengandung vitamin C dan merupakan sumber vitamin B1, tembaga, serat makanan dan vitamin B6. Di antara berbagai macam manfaat dari vitamin B1, vitamin ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan pasokan oksigen yang lebih besar ke sel-sel darah. Selain itu, vitamin B1 dikenal membantu metabolisme karbohidrat yang tepat, sehingga sangat penting untuk mendapatkan pencernaan yang baik.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami