Wabah Amnesia Di Kalangan Pejabat

Nasional / 9 January 2010

Kalangan Sendiri

Wabah Amnesia Di Kalangan Pejabat

Lestari99 Official Writer
2799

Para pejabat di Indonesia sepertinya sedang dilanda wabah amnesia. Persis seperti lagu yang dinyanyikan oleh grup band Kuburan yang judulnya ‘Lupa-Lupa Ingat'. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Lingkar Madani, Ray Rangkuti saat berdiskusi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (8/1).

"Saat ini muncul amnesia masal di kalangan para pejabat," ujarnya. Amnesia tersebut menurut Ray di antaranya adalah Presiden SBY yang mengaku tidak tahu Ketua UKP3R Marsillam Simanjuntak ikut hadir dalam rapat KSSK membahas aliran dana Bank Century yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. SBY juga mengaku tidak tahu-menahu soal alokasi dana Menkeu sebanyak Rp 126 miliar untuk membeli mobil dinas para menteri dan para pejabat lainnya.

Wakil presiden Boediono saat diperiksa Pansus Century juga lupa akan tugas BPK, dengan menyebut perlu adanya audit tandingan BPK. Para pejabat yang dipanggil Pansus Angket Century juga menunjukkan gelagat yang sama. Entah karena berusaha menghindar atau sok tidak tahu, mereka rata-rata mengelak saat ditanya mengenai peran mereka dalam aliran dana ke Bank Century.

"Mereka rata-rata bilang, saya lupa, saya tidak tahu, itu bukan job saya, tanya kepada Ibu Siti Fajriyah (pejabat BI). Ada juga yang lupa eselon bawahannya sehingga seharusnya mereka dilantik menjadi wakil menteri tetapi akhirnya ditunda," sindir Ray menirukan ungkapan para pejabat yang diundang Pansus Angket Century.

Kata kunci dari para pejabat tersebut adalah ‘sistemik' dan ‘psikologis'. Sebab saat ditanya soal alasan mengucurkan dana Rp 6,7 triliun kepada Bank Century, yang menjadi jawaban mereka hanya dua kata itu, alasan sistemik dan psikologis.

Lempar batu sembunyi tangan sepertinya menjadi permainan yang digemari dalam setiap kasus kontroversial yang merebak akhir-akhir ini. Bagaimanapun juga Tuhan sedang melakukan perkara besar atas bangsa ini melalui setiap kejadian yang mengguncangkan bangsa ini.

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami