Warga Kwamki Masih Saling Serang

Nasional / 9 January 2010

Kalangan Sendiri

Warga Kwamki Masih Saling Serang

Puji Astuti Official Writer
2282

Perang antar warga di Kwamki Lama belum bisa dihentikan. Hingga Jumat (8/1) dua kelompok warga Kwamki Lama, Kelurahan Harapan, Timika, Papua masih saling serang. Hingga kini terhitung 1 korban meninggal dan 70 orang korban luka-luka.

Polisi yang diturunkan sejumlah dua kompi bersama Brimob Detasemen B Polda Papua tidak mampu membujuk kedua pihak warga untuk berdamai.  Area konflik terjadi di spanjang ruas jalan masuk ke Kwamki Lama di sekitar SDI Kwamki I dan Kios Panjang, namun telah berpindah ke kawasan hutan di belakang Gereja Kemah Injil Indonesia Jemaat Efata dan Anthiokia.

Menurut saksi yang diwawancarai oleh Antara News, konflik dua kelompok warga tersebut sulit di selesaikan jika dari "kelompok bawah" belum  ada korban meninggal. Kelompok bawah dipimpin oleh Mekokme Murib, sedangkan kelompok atas Jalan Mabruk dipimpin oleh Kaminus Kinal.

Konflik yang berawal dari tindakan pemerkosaan dan tidak adanya penyelesaian sesuai hukum adat ini tidak dapat ditengahi oleh pihak kepolisian karena mereka tidak mengakui hukum negara dalam masalah ini.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami