Jiwa Seorang Investor Sejati

Investment / 9 January 2010

Kalangan Sendiri

Jiwa Seorang Investor Sejati

Budhi Marpaung Official Writer
5300

Menjadi seorang yang bergerak dalam bidang investasi bukanlah sesuatu yang dapat mudah dilakukan oleh setiap orang. Selain karena memerlukan kesabaran, ada hal-hal lain yang harus dipelajari. Inilah kesempatan terbaik Anda untuk mengetahui apakah Anda benar-benar memiliki seorang investor sejati.

Kesuksesan dari investasi yang sedang dijalani seseorang sangat bergantung dari pribadi yang menjalankannya. Kemampuan dalam mengatur atau uang yang besar bukanlah jaminan Anda akan menjadi seorang investor yang sukses. Kepribadian atau sifat-sifat dalam diri Anda lah sebenarnya kunci apakah investasi yang Anda jalani akan berhasil maju atau tidak.

Berikut sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang investor bila ingin sukses dalam jangka waktu yang sangat lama:

1. Seorang investor harus memiliki kegairahan yang membara untuk melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda. Bagi seorang yang berjiwa investor di dalam kamus-nya hanya mengenal kalimat "selalu ada tempat yang lebih baik atau tempat yang berbeda dari yang ada sekarang'. Seorang investor secara natural adalah seorang individualis yang kuat.

2. Seorang investor ibarat pemimpi karena apa yang sedang dikerjakannya adalah sesuatu yang bisa jadi belum ada atau sudah ada tetapi dia dapat mengembangkannya lebih baik lagi.

3. Seorang investor memiliki kepekaan diri dan kekuatan batin yang kuat. Hal apa pun yang sedang dijalani ketika berinvestasi sebenarnya Anda sedang mempertaruhkan diri Anda sendiri. Anda sedang bertarung dengan resiko demi resiko dari keputusan yang Anda ambil sebelumnya. Hal ini tidak akan terjadi sekali, namun berkali-kali.

4. Seorang investor harus mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Ini adalah harga mutlak yang tidak dapat ditawar-tawarkan karena bila Anda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi maka hal ini akan mendorong Anda melakukan eksplorasi dan menemukan apa yang ada di luar sana.

5. Seorang investor yang sejati mudah berhubungan dengan orang banyak. Hidup dalam dunia ini berarti Anda harus siap berinteraksi dengan banyak orang. Tidak harus semau orang Anda dekati. Temukan orang-orang yang Anda rasa dapat menggolkan rancangan investasi Anda.

Apakah Anda sudah memiliki kelima hal diatas? Bila belum, mulai kembangkanlah diri Anda di bagian-bagian yang Anda rasa kurang. Biar pun Anda mungkin mengalami banyak kegagalan, janganlah putus asa. Tetaplah yakin bahwa Anda pasti bisa memilikinya dan bila itu Anda tetap pegang maka nantikan investasi yang Anda sedang kerjakan hari-hari ini akan semakin besar dan besar. Selamat berinvestasi!

Sumber : Sumber: The Big Idea; Donny Deutsch; Penerbit Gramedia
Halaman :
1

Ikuti Kami