Atasi Darah Tinggi Dengan Cincau Hijau

Gizi & Nutrisi / 8 January 2010

Kalangan Sendiri

Atasi Darah Tinggi Dengan Cincau Hijau

Budhi Marpaung Official Writer
5590

\"\"Pasti Anda tidak asing lagi mendengar nama cincau hijau. Selain sebagai minuman pelepas dahaga ketika sedang kehausan, sebenarnya daun cincau memiliki khasiat dalam mengendalikan penyakit darah tinggi (hipertensi).

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Indonesia pada tahun 1966 menunjukkan bahwa ketika seorang penderita hipertensi meminum air perasan dari daun cincau segar maka yang terjadi tekanan darah orang tersebut secara berangsur-angsur dari hari ke hari turun.

Banyak sekali zat yang terdapat dalam cincau hijau, diantaranya adalah karbohidrat, polifenol, flavonoida, lemak, vitamin A dan B. Kandungan serat yang tinggi yang dimiliki cincau dapat juga memperlancar saluran pencernaan yang sedang dalam masalah.

Hipertensi bukanlah satu-satunya penyakit yang dapat diatasi oleh tanaman yang memiliki nama latin Cyclea barbata. Panas Perut, Disentri, Sariawan adalah tiga dari beberapa penyakit yang dapat ditanggulangi dengan hanya mengonsumsi cincau hijau.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Asupan yang baik dan menyehatkan pasti membantu orang-orang dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami