Musik Untuk Terapi Pasien

Psikologi / 6 January 2010

Kalangan Sendiri

Musik Untuk Terapi Pasien

Tammy Official Writer
4008
\"TerapiPara peneliti dari University of Alabama, AS mengembangkan terapi musik dengan menggunakan gitar dan lagu untuk "mengantar" pasien yang sedang sekarat menjemput ajalnya. Menurut Sarah Pitts, salah seorang peneliti di bidang terapi musik, seringkali keluarga dari pasien yang sedang sekarat berkumpul di sekitar pasien dan diminta dinyanyikan lagu himne yang menenteramkan hati, seperti lagu Amazing Grace. Ada pula pasien yang ingin dinyanyikan lagu rock klasik seperti lagu-lagu Beatles yang mampu memunculkan memori bahagia.

Musik yang dipakai sebagai terapi lebih dari sekedar musik yang enak didengar. Musik adalah medium untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Ada target yang lebih besar dari terapi musik, misalkan saja untuk menghilangkan rasa sakit atau membantu pasien menyampaikan keinginannya pada keluarga.

Dalam studi yang dilakukan para peneliti dari Cleveland Music School Settlement diketahui terapi musik secara signifikan menurunkan rasa gelisah dan sakit yang dirasakan pasien serta membuat pasien bernafas lebih tenang. Sekitar 80 persen dari 200 responden juga mengaku mood mereka menjadi lebih baik, demikian juga dengan keluarga pasien.


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami