Cara Membuat Resolusi Keuangan Tahun 2010

Investment / 6 January 2010

Kalangan Sendiri

Cara Membuat Resolusi Keuangan Tahun 2010

Daniel Official Writer
3745

Sudahkah Anda membuat resolusi untuk tahun ini? Bagaimana dengan resolusi keuangan Anda? Jika belum, sekarang waktunya Anda membuat resolusi keuangan Anda di tahun 2010, berikut adalah beberapa langkah untuk membuat resolusi keuangan Anda :.

1.  Evaluasi posisi keuangan Anda sekarang, yaitu dengan mendata ulang aset (apa saja yang Anda miliki) dan berapa besar utang Anda.

2.  Rapikan pengelolaan keuangan Anda.

3. Biasakan untuk membuat anggaran keuangan supaya Anda bisa memonitor pemasukan dan pengeluaran, setelah patuhi anggaran bulanan Anda.

4.  Tentukan tujuan finansial Anda


Bagaimana menentukan tujuan keuangan Anda dengan SMART :

S (Spesifik)

Tentukan target yang spesifik, tentukanlah berapa besar jumlah tabungan yang Anda inginkan, mulai kapan Anda menabung dan dalam berapa lama Anda akan memperoleh nilai yang diinginkan. Dengan demikian, Anda juga bisa menjadi lebih disiplin untuk menyisihkan sejumlah dana yang harus ditabung per bulannya.

M (Mudah diukur)

Menentukan tujuan yang terukur dapat membantu Anda memonitor apakah Anda sudah sesuai jalur dalam mencapai tujuan. Jika tujuan Anda adalah mengumpulkan dana untuk pembayaran uang muka sebuah rumah baru tahun depan, maka tentukanlah berapa besar dana dari penghasilan Anda yang harus disisihkan per bulannya. Setiap bulannya Anda bisa mengukur sudah sampai dimana posisi keuangan Anda.

A (Akan tercapai)

Buatlah tujuan yang dapat Anda capai dan berpikirlah jangka panjang, namun tetap tentukan tujuan-tujuan kecil yang dapat membantu Anda mencapai hasil yang lebih besar.

R (Realistis)

Menciptakan tujuan keuangan harus realistis, karena jika tidak, Anda dapat menghadapi kegagalan yang sangat besar. Misalnya, Anda bercita-cita untuk mencapai target 60% tingkat pengembalian investasi dalam setahun.

T (Tujuan Nyata)

Tujuan yang nyata berarti pencapaian terhadap sesuatu hal yang benar-benar ada, pasti dan bisa diukur.  Anda akan termotivasi untuk menentukan tujuan yang lebih tinggi jika Anda pernah mencapai tujuan yang pernah Anda putuskan sebelumnya. Sumber : perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami