Penurunan Populasi Penduduk Terjadi Di Jepang

Nasional / 5 January 2010

Kalangan Sendiri

Penurunan Populasi Penduduk Terjadi Di Jepang

Daniel Official Writer
3890

Baru-baru ini Japan Population Society mengeluarkan data yang cukup mengejutkan yang menunjukan bahwa  Jepang telah mengalami penurunan populasi terbesar pada tahun 2009 sejak Perang Dunia kedua. Diperkirakan, angka kelahiran pada tahun 2009 adalah sebesar 1.069.000 jiwa sedangkan  angka kematiannya jauh lebih besar, 1.144.000 jiwa sehingga terdapat selisih 75.000 jiwa antara angka kelahiran angka kematian.

Menurut Japan Population Society, menurunnya populasi Jepang telah terjadi dalam tiga tahun terakhir. Hal ini dipicu oleh banyak orang muda di Jepang justru menunda untuk berkeluarga karena alasan beban hidup dan memacu karier dalam pekerjaan.

Pemerintah Jepang sudah melakukan antisipasi dengan mengeluarkan kebijakan kesejahteraan bagi kalangan lanjut usia. Mereka, para kaum lansia, memiliki usia harapan hidup yang meningkat. Jika hal ini tidak segera bisa diatasi maka akan memicu krisis demografi karena penduduk usia lanjut akan memberikan beban keuangan pada sistem kesejahteraan. Sementara itu, jumlah penduduk berusia muda yang masih aktif bekerja jauh lebih sedikit.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami