Penyakit Kulit Picu Gangguan Kejiwaan

Info Sehat / 5 January 2010

Kalangan Sendiri

Penyakit Kulit Picu Gangguan Kejiwaan

Daniel Official Writer
6450

Penyakit kulit gatal kronis ternyata bukan hanya sangat mengganggu dan merusak penampilan seseorang tetapi hasil penelitian menunjukan bahwa penyakit gatal ini juga bisa mengganggu kejiwaan penderitanya.

Penelitian yang diketuai oleh Dr Yosuke Yamamoto dari Kyoto University ini mendapati, kondisi fisik kulit seperti jerawat yang parah, psoriasis, eksim atau gatal akibat alergi memiliki risiko tinggi terhadap gangguan psikologis seperti depresi, kecemasan dan stres pada beberapa individu.

Penelitian tersebut melibatkan 2.200 orang dewasa di Jepang yang berusia 18 tahun ke atas dan didapatkan sekitar 3 persen mengeluh mengalami gatal kronis di kulit. Hasilnya, tingkatan stres lebih tinggi terjadi pada orang dewasa yang memiliki masalah kulit tersebut.

Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini tidak dapat mendiagnosis depresi klinis atau gangguan kesehatan mental lainnya. Tapi nilai yang didapatkan bisa menjadi indikator adanya tekanan psikologis secara umum.

Para peneliti berpikir bahwa tingkat stres yang tinggi nantinya akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, hormon dan sistem kardiovaskular. Jika berlangsung terus menerus bisa menimbulkan efek jangka panjang yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik.

Sumber : detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami