Berenang Untuk Hindari Resiko Batu Empedu

Solusi Sehat / 4 January 2010

Kalangan Sendiri

Berenang Untuk Hindari Resiko Batu Empedu

Tammy Official Writer
5682
\"Swim\"Seiring pertambahan usia, diperkirakan sekitar 15 persen orang akan terganggu oleh batu empedu dengan resiko akan terus membesar. Batu empedu muncul ketika cairan empedu di kandungan empedu terkumpul dan mengendap. Dan seiring berjalannya waktu, kolesterol yang terdapat pada cairan empedu mengkristal dan membentuk batu.

Pada banyak kasus, batu dalam empedu tersebut tak menimbulkan gangguan dan menghilang sendiri secara alamiah. Tetapi pada kasus lain menyebabkan penyumbatan dan menimbulkan rasa sakit, sehingga harus diatasi melalui operasi. Dan ini memberikan rasa sakit seperti siksaan yang ditimbulkannya.

Dan meski begitu, menurut Dr. Andrew R. Hart dari University of Bristol di Inggris, berenang atau joging secara teratur bisa mencegah pembentukan batu empedu tersebut. Gaya hidup aktif dapat memperkecil resiko terkena gangguan batu empedu hingga 60 persen. Dalam realitasnya, olahraga benar-benar mengocok cairan empedu, sehingga mencegahnya untuk mengkristal.

Teorinya, bila kita banyak bergerak, cairan empedu tak punya banyak waktu untuk berhimpun dan membentuk kristal-kristal kolesterol hingga menjadi batu.

Nah, lagi-lagi ditemukan bukti sangat bermanfaat dari berolahraga alias menggerakkan tubuh Anda. Ayo, jangan tunda-tunda lagi waktu Anda untuk berolahraga.


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami