Dukung Ternate Sebagai Kota Warisan Dunia?

Nasional / 3 January 2010

Kalangan Sendiri

Dukung Ternate Sebagai Kota Warisan Dunia?

Tammy Official Writer
2940
Kota Ternate di Maluku Utara yang telah berusia 759 tahun tentu telah memenuhi syarat untuk menjadi kota warisan dunia seperti kota Malaka di Malaysia yang telah ditetapkan sebagai salah satu kota warisan dunia.

Syarat untuk menjadi kota warisan dunia adalah bahwa di kota tersebut banyak terdapat peninggalan sejarah baik bersifat fisik maupun non-fisik yang masih terpelihara. Dan juga ada komitmen dari pemerintah dan masyarakat setempat untuk tetap melestarikan peninggalan sejarah tersebut.

Menurut Walikota Ternate, Syamsir Andili, Ternate telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Di kota ini banyak terdapat peninggalan sejarah yang masih terpelihara dengan baik seperti benteng Oranye, benteng Kasetela, benteng Kalamata, dan benteng Toluko. Selain itu terdapat juga Kedaton Kesultanan Ternate yang menyimpan beragam peninggalan sejarah yakni Mahkota Berambut. Untuk kebudayaan sendiri, Pemkot Ternate telah memasukkan bahasa daerah Ternate sebagai muatan lokal di sekolah dan menyusun kamus bahasa Ternate. Dan masih banyak lagi keseriusan yang direalisasikan oleh Pemkot Ternate.

Mudah-mudahan usulan ini benar-benar dapat direalisasikan, sebab kiranya jika Ternate menjadi kota warisan dunia tentu dapat mendongkrak pariwisata di negeri ini.


Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami