Hati-Hati Memilih Sepatu

Fit & Charming / 2 January 2010

Kalangan Sendiri

Hati-Hati Memilih Sepatu

Daniel Official Writer
3922

Anda punya sepasang kaki yang diperlukan sepanjang hidup, tapi Anda mungkin sedang mengenakan sepatu yang tidak bisa mendukung kaki Anda. Sepatu sangat membantu penampilan Anda, namun jangan hanya bagus tapi harus nyaman dan sehat. Untuk membantu Anda memilih jenis sepatu yang tepat, berikut beberapa jenis sepatu dan gangguan yang mungkin ditimbulkannya :

1. Sepatu dengan alas terlalu datar. Sepatu ini tidak memberikan dukungan yang cukup terhadap kaki saat Anda melintasi permukaan datar yang keras. Akibatnya, lengkungan telapak kaki, ligamen dan otot-otot menjadi stres dan tegang. Berat badan bergeser dan tekanan yang tidak normal ini akan memicu sakit kram di kaki. Lutut bekerja pada posisi abnormal , menyebabkan sakit di lutut dan pinggul. Dan posisi kaki yang tidak stabil bisa memicu masalah di otot dan tulang telapak kaki, yang selanjutnya akan berkembang ke kaki dan dan tulang belakang. Selain itu, jenis sepatu ini bisa menimbulkan rasa sakit di tumit.

2. Sepatu Boot. Pengguna boot ini akan berjalan sebagian pada kain boot yang mengerut, dan telapak kaki akan bergeser ke samping, memicu masalah gaya jalan dan akhirnya menimbulkan rasa sakit. Kurangnya daya dukung sepatu akan membuat tumit mulai menggulung ke dalam dan memicu rasa sakit naik ke kedua kaki.

3. Sepatu Ballet. Selain terlalu datar, sepatu tanpa tali atau tumit ini juga mempunyai masalah lain. Sepatu yang tidak mempunyai alat pengencang akan bergantung pada jari-jari kaki, dan para perempuan harus berjalan dengan menyeret kaki, memicu gaya jalan yang kaku. Hal ini akan memicu masalah jangka pendek dan jangka panjang seperti kapalan, sakit tumit dan lutut. Selain itu, bentuk kaki juga akan berubah karena menyesuiakan diri dengan sepatu.

4. Sepatu dengan tumit yang terlalu tinggi. Tumitnya terlalu tinggi akan memaksa pemakai mencondongkan badan ke depan, membuat tubuh tidak stabil dan cenderung jatuh ke depan. Di samping mengganggu kaki, , pemakai juga dihadapkan pada masalah sakit lutut dan pinggul. Mengenakan jenis sepatu ini secara teratur juga berisiko mengalami sakit punggung.

Jadi sepatu apa yang paling nyaman dan sehat untuk Anda pakai? Pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan alami yang memungkinkan kaki bernafas. Selain itu dilengkapi dengan tali dan sedikit tumit dan ujung berbentuk kotak sehingga tidak menekan jari-jari kaki.

Sumber : mediaindonesia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami