Kenalilah Pasar Anda

Investment / 2 January 2010

Kalangan Sendiri

Kenalilah Pasar Anda

Budhi Marpaung Official Writer
2650

Memasuki tahun yang baru maka segala sesuatu yang baru tentu sudah dipersiapkan. Begitu pun dengan investasi yang Anda jalani saat ini, tidak ada alasan untuk berhenti berkembang atau puas hanya dengan hasil yang sudah diraih setahun atau beberapa tahun kemarin.

Walaupun begitu, kalangan pemerintah maupun pengamat ekonomi negeri ini menyatakan bahwa 2010 masih bukanlah tahun yang baik bagi perekonomian secara global maupun nasional. Mereka masih menganggap bahwa tahun ini adalah tahun pemulihan dari resesi global. Bila ini yang terjadi, tentu saja kondisi yang tidak mengenakkan ini akan berimplikasi dengan investasi yang sedang dan akan Anda jalani.

Dengan mengenali pasar maka situasi-situasi yang nyata seperti kondisi perekonomian negara yang masih dalam pemulihan tidak baik seperti ini sebenarmua dapat diatasi. Seperti apa yang dilakukan oleh Microsoft dan Hawlett-Packard berikut ini dimana pada saat AS sedang mengalami resesi. Mereka menggunakan teknik pengenalan pasar sehingga dengan berani mereka menurunkan harga dari produk mereka. Hasilnya? Langkah mereka berhasila kerena masyarakat menganggap perusahaan-perusahaan itu memenuhi permintaan mereka. Microsoft dan Hawlett-Packard tidak memaksa harga produknya di pasaran tetap sama seperti sebelum resesi dan hasilnya sangatlah bagus.

Pengenalan pasar dapat membuat Anda akan lebih jeli melihat celah dari kondisi yang tidak memungkinkan untuk berinvestasi atau membangun usaha. Lingkungan sekitar seharusnya jangan mempengaruhi keputusan Anda untuk memajukan investasi Anda. Namun, mulailah manfaatkan kondisi itu sebagai kesempatan untuk membuat Anda lebih kreatif lagi.

Selamat Tahun Baru dan mengembangkan investasi dan bisnis Anda.

Sumber : The Big Idea; Donny Deutsch; Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Halaman :
1

Ikuti Kami