Koala dan Penguin Terancam Punah

Nasional / 1 January 2010

Kalangan Sendiri

Koala dan Penguin Terancam Punah

Lestari99 Official Writer
3662

Bumi kita memang semakin tua. Perubahan iklim yang dialami bumi kita menimbulkan dampak yang sangat besar bagi kelangsungan hidup puluhan spesies hewan dan membutuhkan perhatian setiap kita para penghuni bumi untuk menyikapinya dengan serius. Naiknya permukaan air laut, meningkatnya keasaman air samudra dan menyusutnya es kutub merenggut korban besar pada bermacam spesies yang berjuang menanggulangi polusi dan penyusutan habitat, ujar sebuah studi dari International Union for the Conservation of Nature (IUCN).

Laporan tersebut merinci bagaimana perubahan iklim merusak kelangsungan hidup 10 spesies, termasuk penyu learhterback, ikan paus beluga, clownfish, penguin emperor dan salmon. Koala menghadapi kekurangan gizi dan kelaparan saat kualitas daun eucalyptus merosot saat tingkat CO2 bertambah. Anjing laut dipaksa bergerak lebih jauh ke utara saat es laut yang menjadi tempat mereka untuk membesarkan anak semakin rentan berkurang setiap dasawarsanya.

Penguin emperor yang sangat pandai menyesuaikan diri guna berjuang hidup dalam kondisi Kutub Selatan yang sangat berat, menghadapi masalah serupa. Berkurangnya lapisan es membuat keadaan menjadi lebih berat bagi hewan ini untuk kawin dan membesarkan anak. Kelangsungan hidup krill (hewan laut bertulang punggung yang mirip udang), sumber pangan utama mereka juga mengalami kemerosotan tajam.

Ikan paus beluga juga menghadapi ancaman yang cukup serius akibat pemanasan global. Hilangnya es laut membuat ikan paus beluga kesulitan menemukan mangsa, dan terbukanya jalur baru pelayaran mengakibatkan terjangan mematikan baginya oleh kapal-kapal yang lewat berlayar. Clownfish (yang kita kenal dari film animasi blockbuster ‘Finding Nemo'), berubahnya ekosistem merusak keseimbangan daya penciuman yang mereka gunakan untuk menemukan tanaman laut yang diandalkannya sebagai tempat berlindung.

Simpanan ikan salmon merosot bukan hanya akibat penangkapan secara berlebihan tapi juga karena rendahnya tingkat oksigen karena meningkatnya suhu mendorong kerentanan terhadap penyakit dan mengganggu perkembangbiakan.

Entah berapa banyak lagi daftar calon kepunahan spesies yang ada di muka bumi ini harus dibeberkan sampai kita sadar betapa perlunya partisipasi setiap kita mempertahankan usia bumi yang semakin renta ini. Mari bersama-sama perbarui bumi di tahun yang baru ini. Karena tanpa kepedulian kita, kepunahan berbagai macam spesies hewan tinggal menunggu waktu. Dan giliran kita pun akan tiba nantinya.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami