Asia: Raksasa Bisnis Dunia

Nasional / 31 December 2009

Kalangan Sendiri

Asia: Raksasa Bisnis Dunia

Tammy Official Writer
3083
Jika selama ini banyak yang meramalkan bahwa Asia akan menjadi raksasa bisnis perekonomian dunia, tentunya perkiraan itu berdasarkan fakta realitas yang benar adanya. Salah satu indikator yang mencolok adalah persebaran perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar dunia telah berubah secara signifikan dalam satu dekade terakhir,

Menurut riset dari The Wall Street Journal sepanjang 1999-2009 telah terjadi perubahan besar dalam daftar 25 perusahaan papan atas dunia yang menunjukkan pergeseran kekuatan di peta bisnis dunia. Di tahun 1999, yakni 10 tahun lalu, tercatat 7 dari 10 korporasi top dunia adalah perusahaan yang berbasiskan di Amerika Serikat (AS). Tetapi kini di tahun 2009, tinggal 4 perusahaan AS yang bertahan dalam daftar tersebut dengan kapitalisasi pasar terbesar, yakni Exxon Mobil (USD322,8 miliar), Microsoft (USD262,8 miliar), Wal-Mart Stores (USD201 miliar), dan Google (USD188,4 miliar).

Yang mengejutkan adalah masuknya 3 perusahaan asal Cina dalam posisi 10 besar tersebut yakni Bank of China (USD267 miliar), Petro China (USD216 miliar), dan China Construction Bank (USD191,6 miliar). Di tahun 1999 lalu ketiga perusahaan tersebut bahkan tidak masuk dalam daftar 25 besar. Dan selain Cina dan AS, Australia, Brasil, dan Inggris masing-masing menempatkan satu perusahaan dalam daftar top ten 2009.

Menurut Rosabeth Moss Kanter, profesor Harvard Business School AS salah satu penyebabnya adalah runtuhnya perusahaan investasi terbesar AS, Lehman Brothers yang mengakibatkan krisis ekonomi dunia di tahun 2008. Faktor lainnya adalah pertumbuhan internet yang sangat pesat yang mampu menggerakkan perdagangan dan melahirkan orang-orang kaya baru. Adapun pemerintah berbalik arah mengurangi ketergantungan mereka pada ekonomi global. Tergusurnya dominasi AS dari daftar perusahaan besar dunia juga dipicu faktor globalisasi.

Bagaimanakah dengan Anda dan bisnis Anda dalam menyambut tahun baru esok hari? Sudah siapkah Anda untuk bersama-sama kembali memulai atau justru menyempurnakan apa yang sedang Anda bangun sepanjang tahun ini? Janganlah takut, tetaplah bekerja, dan ijinkan tangan Tuhan juga bekerja dalam bisnis Anda.

Sumber : okezone.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami