Menyikapi Diskon Akhir Tahun

Investment / 31 December 2009

Kalangan Sendiri

Menyikapi Diskon Akhir Tahun

Budhi Marpaung Official Writer
3146

Tinggal dalam hitungan hari bahkan kurang, kita semua akan melangkah dalam tahun 2010. Waktu-waktu ini sebenarnya sangatlah riskan khususnya bagi keuangan Anda bila tidak menggunakan dengan bijak. Mengapa? Karena dalam waktu yang singkat uang seseorang bisa langsung mengalir seperti aliran karena diskon-diskon yang ditawarkan pusat-pusat perbelanjaan.

Sebagai langkah bijak agar Anda tidak jatuh dalam lubang kerugian di kemudian hari akibat belanja yang berlebihan maka tips-tips di bawah ini dapat membantu keuangan Anda akan tetap aman.

1. Janganlah terburu-buru dalam berbelanja. Salah satu kelemahan orang-orang yang suka berbelanja adalah sikap "ingin segera" atau lebih tepatnya lagi adalah sikap terburu-buru. Bila Anda termasuk orang seperti ini maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah rencanakan waktu yang yang cukup untuk berbelanja barang-barang diskon di akhir tahun. Semoga dengan waktu yang tidak sempit ini, Anda pun tidak menjadi tergesa-gesa membeli barang dan Anda mengetahui dengan pasti kegunaan setiap barang yang Anda beli. Selain itu, dengan melakukan hal ini, Anda bisa memiliki peluang yang besar menemukan barang-barang yang berkualitas sangat baik.

2. Bandingkan harganya. Bukanlah hal yang salah jika Anda berkeliling-keliling ke beberapa toko dan menanyakan harga dari barang-barang yang sama. Hal ini sangat disarankan agar Anda dapat menemukan barang yang sesuai dengan jumlah uang yang Anda telah persiapkan bagi barang-barang ini. Dengan membandingkan harga, Anda dapat mengetahui toko-toko mana yang menjual barang-barangnya dengan mahal atau melakukan kecurangan. Kecurangan yang dimaksudkan disini barang yang didiskon sudah dinaikkan terlebih dahulu, jadi sebenarnya harga yang dipotong bukanlah dari harga awalnya, tetapi harga yang sudah dinaikkan.

3. Ajaklah teman. Bila Anda berbelanja dan ditemani oleh seorang teman sangatlah bagus. Apalagi teman Anda adalah orang yang suka belanja. Jadi, paling tidak dia sudah mengetahui harga pasar dari barang yang akan Anda beli. Keuntungan lainnya adalah dia bisa mengingatkan Anda untuk membeli apa yang sudah ada dalam list belanja Anda dan tidak menjadi "kalap" ketika melihat barang-barang diskon berhamburan di depan mata Anda.

Berbelanja di tahun baru tidaklah salah, tetapi bila itu menjadikan Anda menghambur-hamburkan uang maka itu barulah salah. Awalilah tahun yang baru ini dengan keberhasilan mengatur keuangan.

Sumber : perencanakeuangan.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami