Luar Biasa, Gitar Sipoholon Tembus Pasar AS

Nasional / 30 December 2009

Kalangan Sendiri

Luar Biasa, Gitar Sipoholon Tembus Pasar AS

Lestari99 Official Writer
5800

Satu lagi hasil karya kebudayaan anak negeri menembus pasar Amerika. Kali ini datang dari industri kerajinan rakyat Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Gitar yang memiliki kayu berkualitas dan suara cukup nyaring ini telah berhasil menembus pasar Amerika Serikat.

Menurut penanggung jawab anjungan Kabupaten Tapanuli Utara, Jones Lubis, pesanan gitar ini dikerjakan secara turun temurun oleh keluarga Hutagalung. Kelebihan dari gitar Sipoholon ini adalah kualitas dan seni penjiwaan pembuatnya ditambah dengan pemilihan kayu kualitas terbaik yang ditemukan di daerah Sarulla, Tarutung. Pembuatannya sendiri masih terbilang cukup sederhana namun membutuhkan kesabaran karena masih dikerjakan secara manual dan membutuhkan kejelian sentuhan tangan. Usaha gitar ini sudah dijalankan sejak tahun 1954.

Pembuatan gitar Sipoholon muncul karena adanya gitar buatan luar yang dipasarkan di daerah Tapanuli Utara sehingga keluarga Hutagalung termotivasi untuk membuat gitar yang tidak kalah kualitasnya. Dan usaha ini terus berkembang. Berawal dari rumahnya Hutabagasan Desa Lumban Baringin Sipoholon, modal yang terkumpul kini dapat membeli tanah di pinggir jalan raya Jalan Balige km 3 Lumbang Baringin Sipoholon.

Pemasaran gitar Sipoholon pada umumnya hanya melayani pesanan. Semua gitar yang terpajang di galeri sudah ada pembelinya. Harganya sendiri dipatok antara Rp350 ribu sampai Rp1 juta tergantung bentuk dan model. Satu gitar biasanya membutuhkan waktu 1-2 minggu. Pembuatan gitar Sipoholon yang terbilang mudah dan dapat menghasilkan kualitas suara merdu ini tidak kalah bila dibandingkan dengan gitar luar pada umumnya.

Mari terus berkarya Indonesiaku. Biarlah dunia melihat dan mengenal keberagaman budaya Indonesia yang unik dan berkualitas.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami