Bagaimana Prospek Investasi 2010?

Investment / 30 December 2009

Kalangan Sendiri

Bagaimana Prospek Investasi 2010?

Tammy Official Writer
3551
Bagi beberapa pihak, bayangan ekonomi global di tahun 2010 diperkirakan masih berada dalam jalan panjang untuk benar-benar selamat dan pulih dari badai krisis secara total. Tetapi bagi para investor sendiri, kondisi ekonomi Indonesia akan menjadi hal yang sangat menarik. Seperti yang dapat kita lihat sepanjang krisis ini, krisis global telah memporakporandakan ekonomi negara-negara besar seperti AS, Jepang, dan sebagian kawasan Eropa, dan Indonesia ternyata mampu menghadapinya tanpa menimbulkan dampak yang terlalu besar.

Lalu, bagaimanakah agar kita dapat memanfaatkan proses pemulihan ekonomi global demi mengambil keuntungan dari investasi? Diperkirakan secara luas bahwa untuk mendukung proses pemulihan ekonomi, negara-negara besar seperti AS dan Jepang masih akan menggunakan kebijakan stimulus fiskal. Seperti terlihat yang terjadi di Jepang, PM Yukio Hatoyama memutuskan untuk meningkatkan paket stimulus sebesar 7,2 trilyun yen (81 milyar dolar AS).

Likuiditas dolar meningkat, inflasi menjadi fokus
Stimulus-stimulus lanjutan ini akan meningkatkan likuiditas dolar, karena pemerintah AS akan meningkatkan utang, atau juga artinya akan lebih banyak mencetak uang untuk melaksanakan program stimulus ini. Setidaknya, pada semester pertama tahun 2010 likuiditas dolar akan meningkat sehingga dolar masih diharapkan akan berada dalam tren bearish terhadap mata uang utama dunia lainnya.

Harga emas sangat mungkin terus mencetak rekor terbaru di tengah ancaman inflasi tersebut, juga sebagai akibat dari meningkatnya minat para investor terhadap sarana investasi safe haven. Harga komoditas minyak mentah akan turut terdongkrak bersama harga komoditas lainnya. Kenaikan harga komoditas akan mengakibatkan inflasi. Dan tekanan inflasi akan mulai menggerakkan bank-bank sentral untuk menaikkan suku bunga acuan. Dinamikan ini menghasilkan beragam kesempatan pada instrumen investasi valas, komoditas, dan sekuritas lain di seluruh dunia. Jika para investor jeli melihat kemungkinan ini, keuntungan yang besar pastinya akan dapat diambil.

Prospek Investasi 2010Ekonomi Indonesia Ciptakan Ragam Kesempatan Menarik
Dunia perekonomian di Indonesia sendiri masih akan terus menciptakan kesempatan yang tak kalah menarik. Diperkirakan seiring dengan solidnya kondisi fundamental perekonomian Indonesia, baik IHSG maupun rupiah masih akan berada di dalam tren bullish. Investasi di pasar saham Indonesia akan menghasilkan keuntungan yang cukup baik mengingat kinerja IHSG diperkirakan masih akan ‘mumpuni.' Di tahun 2010 mendatang IHSG diperkirakan akan menembus rekor terbarunya, bahkan tak terlalu muluk jika IHSG dapat mencapai level 3000 poin.

Tetapi di samping kondisi fundamental ekonomi yang baik, investor juga wajib mewaspadai dinamika politik yang cenderung masih labil. Dengan beberapa permasalahan yang bersifat politis akhir-akhir ini, jika tak dapat diatasi dengan baik akan menjadi bagi stabilitas ekonomi dalam negeri. Dan intinya dari perubahan ke arah yang lebih baik dari iklim investasi di negeri ini adalah, di samping pertumbuhan ekonomi yang baik, juga harus ada stabilitas politik.

Bagaimana, sudah siapkah Anda menyongsong tahun 2010 dengan perencanaan investasi Anda? Selagi berbisnis, teruslah doakan kemajuan perekonomian dan stabilitas di negeri ini. Ditunggu karya kinerja Anda di tahun 2010 mendatang!


Sumber : vibiznews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami