Matt Mullenweg: Fokus Pada Kecintaan, Uang Akan Mengikuti

Entrepreneurship / 29 December 2009

Kalangan Sendiri

Matt Mullenweg: Fokus Pada Kecintaan, Uang Akan Mengikuti

Tammy Official Writer
4816
Pria muda yang usianya belum genap seperempat abad ini adalah pendiri Wordpress, sebuah situs dan platform blog bagi para blogger. Dengan mengandalkan Wordpress, Matt sudah meraih pundi-pundi kekayaan senilai USD40 juta. Matt mengembangkan Wordpress sebagai aplikasi blog terbuka (open source), sehingga peranti lunak dan kodenya terbuka bagi publik. Mengapa Matt menjadikan Wordpress sebagai platform open source?
 
"Jika melakukan sesuatu demi uang, kamu akan menemui banyak kesulitan untuk menjual. Namun lakukan apa yang kamu sukai, maka uang akan mengikuti kamu," ujarnya.
 
Berawal pada Juni 2002, ketika Matt mulai menggunakan perangkat lunak blog, b2/cafelog. Pada Januari 2003, Matt mengumumkan melalui blognya bahwa dia akan mengembangkan b2 sehingga sesuai dengan standar pada saat itu. Bersama Mike Little, ia pun mulai mengembangkan Wordpress berbasis b2.
 
Dan kemudian mereka pun bergabung dengan developer asli b2, yakni Michel Valdrighi. Itulah cikal bakal berdirinya Wordpress. Pengembangan demi pengembangan membuat Wordpress sebagai perangkat lunak blog paling hebat. Pada April 2004, Wordpress mengumumkan fasilitas Ping-O-Matic yang berfungsi untuk mengirim notifikasi kepada search engine blog seperti technorati.com.
 
Ia ingin agar Wordpress menjadi bernilai bagi komunitasnya. Komunitas yang terdiri atas beragam kepentingan dan pandangan, bahkan perbedaan. Melalui semangat demokrasi ini, dia berharap Wordpress bisa memberi inspirasi. Melalui blog, menurutnya semua orang berhak mengungkapkan apa saja yang ada dalam pikirannya.
 
Matt Mullenweg - WordpressPengembangan demi pengembangan membuat Wordpress semakin disukai pengguna. Totalitas membuat Wordpress semakin lengkap, dari fasilitas untuk add-on, pembuatan statistik, hingga anti-spam. Berkat Wordpress, Matt dinobatkan sebagai 50 orang paling penting di dunia jejaring (web) oleh PC World pada tahun lalu.
 
"Uang dan gaji bukanlah motivasi utama kita. Namun, fokus pada yang disukai adalah motivasi Anda," ujar Matt. Ia mengaku sangat menyukai semua pekerjaan yang menyangkut Wordpress. "Apalagi, pekerjaan saya seperti memberikan hadiah pada dunia ini, gratis untuk semua orang, semua orang dapat menggunakan hasil kerja saya," ujar pria muda kelahiran 11 Januari 1984.
Sumber : okezone.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami