Kepercayaan, Kredibelitas dan Posisioning Dalam Bekerja

Career / 29 December 2009

Kalangan Sendiri

Kepercayaan, Kredibelitas dan Posisioning Dalam Bekerja

Puji Astuti Official Writer
3239

Kepercayaan adalah salah satu aset kehidupan yang sangat penting, baik dalam pergaulan, rumah tangga maupun pekerjaan. Jika Anda memiliki kredibelitas yang tinggi, maka posisi Anda dalam perusahaan akan kuat. Seandainya saja, ketika Anda masuk dalam perusahaan dimana Anda bekerja saat ini memberikan keterangan palsu dalam surat lamaran Anda, maka cepat atau lambat maka kebenaran akan terungkap dan Anda pasti tidak bisa mempertahankan pekerjaan Anda.

Saat wawancara, ketika pertama kali Anda masuk dalam sebuah perusahaan adalah waktu yang penting untuk menunjukkan bahwa diri Anda bisa dipercaya. Anda harus menunjukkan bahwa apa yang Anda tulis adalah sesuai dengan keberadaan diri Anda. Apa yang Anda miliki akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi perusahaan. Inilah yang dinamakan posisioning.

Posisioning Anda mencerminkan apa yang bisa Anda berikan kepada klien Anda, dalam hal ini perusahaan yang mempekerjakan Anda. Mungkin dalam perusahaan itu ada rekan-rekan Anda yang memiliki jabatan dan deskripsi pekerjaan yang sama dengan Anda. Sama-sama akuntan, atau sama-sama seorang desainer grafis, tapi Anda harus bisa memposisikan diri dimana Anda berbeda dari rekan-rekan Anda yang seprofesi. Setiap orang memiliki keunikan sendiri-sendiri, keunikan tersebut bisa menjadi nilai tambah Anda.

Jika Anda tidak membangun posisioning diri Anda, maka tersingkir dalam persaingan kerja akan menjadi bagian Anda. Menjadi orang yang rata-rata tidak akan membawa Anda kemana-mana. Jika Anda ingin mencapai kemajuan demi kemajuan dan meraih kesuksesan demi kesuksesan, bangunlah kredibelitas Anda, dan pastikan Anda memiliki nilai lebih dari rekan-rekan Anda seprofesi.

Hermawan Kertajaya, pakar marketing pendiri Mark Plus & Co memberikan tips dalam bukunya "Marketing Your Self" tentang bagaimana membangun kredibilitas dan posisioning seperti berikut:

1.Lihat kemampuan diri dan potensi Anda sendiri.

2.Buatlah semua orang percaya bahwa Anda memang unik dengan membuktikan keunikan tersebut sampai customer Anda percaya.

3.Tunjanglah hal itu, kalau perlu dengan bukti-bukti, track record selama ini, supaya posisioning itu dipercaya dan Anda mempunyai kredibelitas untuk itu.

Hal ini bukanlah sesuatu yang terjadi dalam semalam, kepercayaan, kredibelitas serta posisioning perlu dibangun dengan ketekunan waktu demi waktu. Untuk itulah, ketekunan dan waktu akan membutikan siapa diri Anda dan layakkah Anda mencapai kesuksesan. Jangan mudah menyerah dan terus semangat, salam sukses.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami