Apakah Resolusi Karir Anda?

Career / 27 December 2009

Kalangan Sendiri

Apakah Resolusi Karir Anda?

Tammy Official Writer
3447
Di akhir tahun sebelum memasuki tahun baru umumnya banyak orang mengadakan resolusi tahun barunya yang berkaitan dengan cita-cita, prinsip hidup, dan sikap yang hendak dijalani lebih baik di tahun-tahun mendatang. Kata ‘resolusi' sendiri berarti menyusun kembali solusi (jalan keluar), maka untuk mencanangkan resolusi berarti upaya untuk koreksi dan introspeksi diri, untuk mencapai pribadi yang berkualitas.

Tetapi terkadang orang sering melupakan untuk menyusun resolusi untuk profesi dan karirnya. Padahal sisi hidup ini juga sangat penting. Karena semua yang sudah dijalani satu tahun belakangan ini akan berpengaruh pada pijakan kaki di tahun depan. Maka itu, tak ada salahnya agar Anda mulai menyusun resolusi karir dan profesi Anda. Dan ada beberapa pedoman yang cukup nyata yang bisa Anda aplikasikan untuk menyusun resolusi karir Anda.

Yang pertama, perhitungkanlah kelebihan dan kekurangan dari karir yang Anda jalani. Bukan dengan cara sekedar mengukur bak timbangan akuntansi untung dan rugi, tetapi lebih pada perhitungan dengan cara analisa SWOT (Strenghts, Weaknesses, Oportunities, Threats). Memperhitungkan kekuatan, kelemahan, kesempatan dan sekaligus ancaman yang ada pada karir yang telah Anda jalani di satu tahun ini menjadi sebuah alat ukur praktis bagi perhitungan Anda di tahun depan.

Resolusi KarirSelanjutnya, setelah mengetahui SWOT dari karir Anda, maka perhatikanlah juga cita-cita dan prinsip hidup Anda sendiri. Apakah karir tersebut sudah sesuai cita-cita Anda? Apakah justru sekarang Anda sudah berkompromi dengan cita-cita Anda, sehingga melihat bahwa yang Anda jalani adalah bagian dari harapan Anda? Jika Anda merasa sudah positif dan bisa menerimanya, maka pertanyaan berikutnya, apakah karir yang Anda jalani itu sudah sesuai dengan prinsip dasar hidup Anda? Apakah Anda harus "sedikit" merubah prinsip Anda agar tetap bertahan di karir Anda?

Jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut semuanya bergantung pada diri Anda. Hanya saja perlu diingat bahwa dalam berkarir, cita-cita sebagai bagian dari mimpi riil adalah sesuatu yang perlu terus diperjuangkan. Langkah besar manusia selalu berawal dari sebuah cita-cita yang terus dikejar.

Poin selanjutnya yang harus disusun adalah, langkah-langkah karir Anda ke depannya. Bukan berarti Anda harus mencari karir baru, keluar dari tempat kerja lama ke tempat kerja yang lain, namun lebih pada pencapaian karir Anda ke depan dengan lebih baik.

Dan tolok ukurnya pun tak sekedar kenaikan jabatan, tunjangan, atau mendapatkan promosi, melainkan menjadikan Anda lebih berarti bagi tempat Anda bekerja, bagi lingkungan sekitar Anda dan sekali lagi membuat diri pribadi Anda makin percaya diri, penuh inspiratif serta optimis dalam menjalani hidup.

Sumber : konsultankarir.com
Halaman :
1

Ikuti Kami