Kuatkan Tulang Sebelum Kepadatannya Berkurang

Kuatkan Tulang Sebelum Kepadatannya Berkurang

Daniel Official Writer
3468

Dr. Maoshing Ni, penulis buku Second Spring menguraikan 6 cara mudah untuk membangun tulang kuat yang bisa diterapkan siapa saja sebelum kepadatan tulang hilang akibat osteoporosis, seperti dilansir dari MSN, Selasa (22/12/2009).

1. Dapatkan kalsium dari biji-bijian. Selama ini orang hanya kenal susu sebagai sumber kalsium padahal tidak demikian karena ternyata biji-bijian, kacang-kacangan atau daun hijau juga merupakan sumber kalsium. Bahkan lebih aman dikonsumsi jika dibandingkan dengan susu sapi.

2. Konsumsi jeruk. Kalsium diperlukan untuk membangun dan mempertahankan kepadatan tulang, sedangkan vitamin D diperlukan tubuh untuk menyerap kalsium. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tubuh juga dapat menyerap kalsium dan vitamin D dari jus jeruk semudah susu. Jus jeruk yang kaya vitamin C mengandung antioksidan yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Namun diingatkan karena jus jeruk mengandung asam asetat yang dapat mengikis enamel gigi, sebaiknya jangan langsung sikat gigi, tunggu selama satu jam setelah minum jus jeruk.

3. Berjemur di waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk berjemur adalah sebelum pukul 9 pagi atau sesudah pukul 4 sore. Hal ini sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin D. Penting untuk diperhatikan karena pada jam-jam tersebut paparan matahari tidak terlalu menyengat.

4. Kurangi minuman bersoda. Minuman bersoda atau berkarbonasi dapat menguras kalsium dalam tulang karena mengandung asam fosfat. Jika Anda benar-benar merasa dahaga lebih baik minum air mineral berkarbonasi ditambah dengan irisan jeruk yang lebih aman untuk tulang.

5. Mengonsumsi suplemen penguat tulang yang tepat. Pastikan Anda memilih suplemen yang mudah terserap dengan ukuran magnesium 600 mg dan kalsium 1200 mg. Perlu diperhatikan juga jumlah boron, tembaga, seng, dan Vitamin B3. Kalsium cair yang mengandung basis sitrat adalah pilihan yang tepat karena bisa ditambahkan ke minuman jus.

6. Perhatikan asupan mineral dari makanan Anda. Selain kalsium, magnesium, dan vitamin D, mineral juga penting untuk pembentukan tulang. Boron mengurangi kehilangan kalsium dalam urin. Boron ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Vitamin K ditemukan di sayuran berdaun hijau yang terbukti penting untuk protein membangun blok tulang. Asupan mineral harian yang baik adalah 10 mg boron, mangan 5 mg, 5 mg tembaga, 25 mg seng dan 150 mg vitamin K. Pastikan multivitamin harian Anda mengandung mineral-mineral ini.

Sumber : detik.com

Ikuti Kami