7 Makanan Penolak Penyakit

Gizi & Nutrisi / 25 December 2009

Kalangan Sendiri

7 Makanan Penolak Penyakit

Budhi Marpaung Official Writer
5427

Siapapun di dunia ini tidak ada yang mau terjangkit penyakit, tetapi tidak semua orang yang peduli dengan kesehatan mereka sendiri - apabila sedang diluar rumah, makan makanan sembarangan yang pasti ke-higienis-an sangatlah dipertanyakan.

Bila Anda mempelajari dunia kesehatan maka Anda akan menemukan bahwa penyakit yang dialami oleh seseorang biasanya sangatlah bergantung dengan asupan yang dikonsumsinya selama ini. Jadi, dapat dikatakan makanan adalah faktor yang sangat vital bagi manusia. Salah saja seseorang memakan makanan tertentu maka yang akan terjadi adalah gangguan pada sistem pencernaanya.

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang sangat disarankan untuk dikonsumsi karena kemampuannya menolak penyakit dimana pada artikel kali ini hanya disebutkan 7 jenis makanan saja. Berikut ke-7 jenis makanan penolak penyakit:

1. Bawang Putih: berperan sebagai antivirus dan antibakteri, mengandung allicin yang dapat menyebabkan tanaman umbi-umbian itu memiliki aroma yang khas. Zat allicin juga dipercaya memiliki kemampuan untuk membersihkan liver dan merangsang produksi sel darah putih. 

2. Jahe: Salah satu ke-khasan dari Jahe bagi manusia adalah ketika seseorang menyajikannya yakni harus dalam kondisi yang panas. Hal ini bukanlah tanpa alasan karena tumbuhan ini mengandung sejumlah zat penting yang dapat menghangatkan tubuh, membuat badan berkeringat, serta mengobati sakit perut.

3. Madu: Mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen Aromati. Menurut beberapa penelitian yang dipublikasikan kepada masyarakat umum, madu sangatlah bagus dikonsumsi karena kandungan zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit

4. Cayenne: Bahan makanan ini sangat jarang didengar oleh siapa pun karena memang tempat berkembangnya ada di pedalaman Amerika Selatan dan Tengah. Cayenne termasuk dalam jenis buah seperti cabai. Kerap digunakan sebagai tanaman obat penurun berat badan atau weight loss. Cayenne dapat membantu menaikkan metabolisme tubuh dengan memperlancar aliran darah, sehingga berfungsi untuk meluruhkan lemak.

5. Acidophilus dan bifidus: Kedua jenis ini dapat Anda temukan di minuman kesehatan seperti yogurt atau kefir. Fungsi dari zat-zat ini bagi tubuh manusia adalah menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus, memperbaiki fungsi kekebalan serta merangsang produksi vitamin K.

6. Sayuran hijau: Jenis makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan untuk dikonsumsi. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa sayuran hijau sangat baik dimakan oleh manusia. Selain karena banyaknya zat yang terkandung di dalamnya, tampilan warna yang menggoda membuat sayuran hijau yang dihidangkan di depan kita sangat sayang dilewatkan begitu saja. Vitamin B12, asam folat, vitamin A, dan K adalah beberapa zat yang terkandung dalam sayuran hijau dimana semua zat ini dipercaya meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Asam dan alkalin: Campuran asam dengan alkalin yang sesuai takarannya diyakini dapat memperbaiki pencernaan dan membantu dalam proses penyembuhan seseorang. Sebagai Contoh dari campuran kedua zat ini adalah minuman perasan lemon yang dicampur dengan air hangat.

Sumber : berbagai sumber/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami