Pengakses Internet Indonesia Kebanyakan Menggunakan Ponsel

Nasional / 24 December 2009

Kalangan Sendiri

Pengakses Internet Indonesia Kebanyakan Menggunakan Ponsel

Daniel Official Writer
3105

Berdasarkan hasil survey Nokia Siemens Networks, pengguna Internet di Indonesia mengakses internet dari rumah dan melalui ponsel, sedangkan akses internet terbanyak berdasarkan tempat adalah rumah, kantor, perjalanan, sarana publik baru kemudian sekolah dan cafe. Biasanya mereka lebih banyak melakukan aktifitas browsing, email, download, upload, video dan game online.

Terus berkembangnya internet ternyata berdampak pada tingkat konsumsi telepon selular (ponsel) yang mendukung penggunanya mengakses dunia maya dengan mudah. Tahun 2010 diprediksi pasar seluler Indonesia akan didominasi oleh cellular internet. Penggunaan internet lewat telepon selular akan meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun  pengguna internet Indonesia hanya menggunakan 16% waktunya jika dibandingkan dengan pengguna global menggunakan hingga 21% waktunya untuk akses internet, perilaku pengguna internet di Indonesia termasuk unik karena akses dari rumah 3 kali lebih besar dari pengguna global dan akses di perjalanan 2 kali lebih besar daripada pengguna global. Hal ini menunjukan bahwa pengguna internet di Indonesia menggunakan waktu berinternetnya di mana saja. Demikian diungkapkan oleh Stratergic Intelligence Nokia Siemens Networks Yohanes Denny.

Diharapkan di masa yang akan datang masyarakat tidak hanya menggunakan social networking service melainkan juga berbagai aplikasi e-live yang berguna bagi produktivitas hidup mereka. Kebanyakan pengguna internet di Indonesia lebih banyak bersifat koneksi low-speed bukan high-speed untuk kebutuhan yang sederhana. Hasil survei Nokia Siemens Network pun menunjukkan 70% pengguna internet di Indonesia hanya membutuhkan akses 100 - 300 Kbps, selebihnya di luar angka kecepatan akses tersebut.

Data yang mengejutkan menunjukan bahwa  pengguna facebook di Indonesia tahun 2008 hanya 300 ribu orang tetapi tahun 2009 sudah mencapai 10,8 juta orang. Mungkin salah satunya adalah Anda, internet memang memiliki banyak kelebihan namun kita harus waspada karena internet juga menyimpan potensi yang merusak perilaku bangsa.

Sumber : inilah.com
Halaman :
1

Ikuti Kami