2010, Bisnis Konstruksi & Telekomunikasi Ter-Prospektif

Nasional / 23 December 2009

Kalangan Sendiri

2010, Bisnis Konstruksi & Telekomunikasi Ter-Prospektif

Tammy Official Writer
2892
Memasuki tahun baru, kira-kira bisnis apakah yang diprediksi akan menggeliat? Pemulihan ekonomi global dipercaya akan berimbas pada laba perusahaan non-bank, terutama penjual food & beverage serta rokok, maupun juga bank. Diproyeksikan akan naik signifikan.

Sofjan Wanandi, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengatakan bahwa ia memiliki optimisme bahwa di tahun 2010 adalah tahun pemulihan (recovery, red). Menurutnya, membaiknya kinerja perusahaan akan didorong oleh faktor internal berupa masih kuatnya konsumsi domestik, serta faktor eksternal berupa recovery ekonomi global.

Kinerja perusahaan dan bank di tahun ini juga masih terbilang positif. Riset Stanchart menunjukkan, bahwa dalam sembilan bulan pertama 2009, banyak perusahaan yang membukukan laba lebih tinggi dari pencapaian sembilan bulan pertama 2008.

Sofjan WanandiSektor-sektor yang mencatat pertumbuhan tajam adalah konstruksi, telekomunikasi, dan transportasi. Meskipun sektor perdagangan dan pertanian masih terpukul. Sofjan Wanandi juga menambahkan, pelaku industri khususnya manufaktur, tekstil, dan sepatu harus mewaspadai serbuan produk impor Tiongkok.

Tahun baru memang sudah di depan mata, biarlah kiranya kita sebagai orang yang beriman memiliki pengharapan dan juga optimisme ketika memasuki gerbang tahun yang baru. Bersama-sama kita membangun perekonomian Indonesia yang kuat dan sejahtera.

Sumber : okezone.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami