Berhemat Dengan Hikmat

Investment / 23 December 2009

Kalangan Sendiri

Berhemat Dengan Hikmat

Daniel Official Writer
2981

Setelah liburan panjang biasanya kantong kita menjadi kering dan untuk isinya kembali, kita sering harus melakukan penghematan di sana-sini. Namun ingat penghematan yang Anda lakukan harus diperhitungkan terlebih dahulu, jangan sampai ada hal penting yang ikut terkena penghematan. Dalam hal ini kita perlu hikmat dalam melakukan penghematan karena ada dana-dana yang sebaiknya tidak terkena penghematan seperti :

  1. Dana kesehatan. Kesehatan adalah modal utama Anda untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Bila Anda terbiasa mengkonsumsi multivitamin setiap hari, jangan mengurangi jumlahnya menjadi dua hari sekali demi penghematan.
  2. Kebutuhan dasar. Ini adalah kebutuhan setiap hari Anda seperti sandang, pangan, dan papan.
  3. Investasi. Jika Anda sudah punya rencana menyisihkan gaji bulanan untuk membeli reksadana atau jenis investasi jangka panjang lainnya, penuhi kewajiban-kewajiban Anda.
  4. Rekreasi. Ini akan membantu untuk menyegarkan pikiran dan keluar dari kejenuhan pekerjaan.

Sedangkan dana-dana yang bisa kita hemat antara lain adalah :

  • 1. Biaya Transportasi. Cobalah untuk menggunakan transportasi alternatif yang lebih hemat. Misalnya, menggunakan bis Trans Jakarta, shuttle bus kompleks perumahan, kereta api, atau nebeng teman kerja yang rumahnya searah tempat tinggal Anda.
  • 2. Uang belanja (Shopping). Berjalan-jalan di pusat perbelanjaan sering membuat kita tidak bisa menahan diri untuk membeli barang-barang apalagi jika sedang ada diskon. Sangat penting untuk membuat daftar belanja jika suatu saat Anda terpaksa harus pergi ke pusat perbelanjaan dan patuhi daftar belanja Anda.
Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami