Aset Terpenting Dalam Mencapai Kesuksesan

Career / 22 December 2009

Kalangan Sendiri

Aset Terpenting Dalam Mencapai Kesuksesan

Puji Astuti Official Writer
3077

Dalam dunia pekerjaan, hampir sama seperti dalam dunia marketing. Pekerjaan Anda adalah menjual barang, namun yang Anda jual disini adalah "diri Anda" sendiri. Jangan berprasangkan buruk dulu, "menjual diri" disini dalam arti positif. Artinya bagaimana Anda membuat nilai diri Anda lebih tinggi bagi klien Anda, yaitu bos atau atasan Anda maupun rekan kerja Anda sendiri.

Dalam bukunya "Marketing Your Self", Hermawan Kertajaya menyayangkan bahwa banyak orang mempunyai segudang potensi namun tidak menikmati kesuksesan. Ataupun orang yang telah sukses namun tidak bisa naik ke tingkat yang lebih tinggi. Mengapa? Karena banyak orang tidak tahu bagaimana menjual dirinya dengan baik.

Apa yang membuat hal ini terjadi? Karena banyak orang tidak menyadari bahwa saat ini mereka dalam dunia perdagangan. Mereka sedang menjual jasa, yaitu keahlian mereka. Barang yang sedang di jual saat ini adalah diri Anda sendiri. Bagaimana Anda mengkemas diri Anda, bisa mempengaruhi orang yang akan "membeli" jasa Anda.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui dengan baik kemampuan diri Anda. Apa yang bernilai dalam diri Anda. Apakah nama Anda cukup menjual. Bagaimana memberi nilai lebih pada diri Anda. Siapakah yang menjadi target potensial Anda. Rumuskan hal tersebut satu persatu.

Dari titik ini, Anda bisa merumuskan strategi. Sistem marketing seperti apa yang bisa Anda gunakan. Siapa yang akan Anda mulai dekati dan mungkin menjadi klien potensial Anda. Dalam hal apa Anda harus berinvestasi. Seberapa besar investasi yang harus Anda berikan agar menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Sama seperti sebuah perusahaan, kita juga memiliki sumber daya (waktu, talenta, etos kerja dan uang). Untuk bisa berkompetisi dengan para pesaing kita, diharapkan kita bisa mentransformasi sumber daya yang kita miliki. Transformasi ini bertujuan agar kita menjadi pribadi yang unggul dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Hari ini, apakah Anda menyadari bahwa diri kita adalah aset terpenting dalam kehidupan ini. Baik bagi diri Anda sendiri, keluarga maupun perusahaan. Jika Anda menyadari bahwa diri Anda penting, diri Anda bernilai, diri Anda bernilai jual yang tinggi. Pelihara baik-baik diri Anda. Jaga kesehatan Anda. Tingkatkan kemampuan Anda. Banyak belajar, membaca buku, dan jika memungkinkan lanjutkan pendidikan Anda. Anda tidak pernah rugi berinvestasi pada diri Anda sendiri, percayalah.

Sumber : Adaptasi dari : Marketing Your Self, Hermawan Kertajaya, MarkPlus&Co
Halaman :
1

Ikuti Kami