Pandora, Planet di Film Animasi yang Benar-benar Nyata?

Nasional / 21 December 2009

Kalangan Sendiri

Pandora, Planet di Film Animasi yang Benar-benar Nyata?

Budhi Marpaung Official Writer
8643

Sudah satu pekan lebih, film Avatar diputar di bioskop-bioskop seluruh dunia. Banyak penilaian positif yang diberikan oleh para pengamat film terhadap film besutan sutradara Hollywood, James Cameron. Namun, salah satu yang menjadi perhatian dari "Avatar" adalah bulan yang dihuni makhluk asing yang disebut Pandora.

Komunitas Astronom yang tergabung dalam Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CFA) AS menyatakan bahwa ada kemungkinan di luar angkasa terdapat exoplanet yang mengorbit.

Khusus tentang Pandora, menurut salah satu anggota CFA, Lisa Kaltenegger, planet itu bisa jadi ada. Berdasarkan perhitungan yang ia lakukan bersama rekan-rekannya, setidaknya Pandora memiliki jarak 5 tahun cahaya dari Bumi.

Walaupun belum diketahui keberadaannya saat ini, Kaltengger menyatakan bahwa penemuan planet yang disebut-sebut di film Avatar tersebut akan sangat berguna bagi pengetahuan mengenai atmosfer di puluhan tahun mendatang.

Exoplanet Adalah sebuah planet yang beredar mengelilingi sebuah bintang selain matahari. Sebagai informasi, sampai sekarang sudah ada 400 exoplanet yang sudah diidentifikasi oleh para ilmuwan internasional.

Penelitian terhadap hal-hal yang berawal dari fiksi menjadi sebuah kenyataan kerap dilakukan oleh Amerika Serikat. Seperti keberadaan UFO yang masih terus menjadi perdebatan di antara masyarakat negeri itu. Walaupun awalnya, diangkat dalam sebuah cerita radio dan dilanjutkan akhirnya melalui film membuat banyak orang tidak hanya di AS, tetapi juga dunia percaya bahwa ada benda berbentuk piringan di alam jagat raya ini. Apakah Pandora menjadi salah satu hal yang sebenarnya fiksi diangkat menjadi nyata? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Sumber : inilah.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami