Wow... Kopi dan Teh Ternyata  Bisa Cegah Diabetes

Serba-Serbi Sehat / 20 December 2009

Kalangan Sendiri

Wow... Kopi dan Teh Ternyata Bisa Cegah Diabetes

Puji Astuti Official Writer
3734

Jika Anda suka minum teh atau kopi, Anda beruntung karena akan terlindung dari penyakit yang penyebabnya adalah kelebihan berat badan. Tapi tentunya Anda yang minum kopi dan teh ini tanpa gula ya...

Riset di negeri Kanguru, Australia menemukan bahwa mereka yang minum kopi tiga hingga empat cangkir setiap harinya memiliki resiko terkena penyakit diabetes 25% lebih rendah dari pada mereka yang hanya minum satu atau dua cangkir setiap harinya.

 

Efek ini tidak disebabkan oleh kafein, karena mereka yang minum kopi tanpa kafein juga mengalami efek yang sama.

 

Mereka yang minum teh juga menunjukkan hal yang sama. Mereka yang minum 3 sampai 4 cangkir teh setiap hari seperlima lebih rendah mengalami penyakit tersebut.

 

Berdasarkan 18 penelitian yang melibatkan 450.000 orang, yang dipublikasikan oelh Archives of Internal Medicine, efek dari teh dan kopi itu terbukti secara klinis.

Diperkirakan senyawa dalam kopi dan teh termasuk magnesium dan antioksidan yang membuat semua itu terjadi.

Penulis utama Rachel Huxley, dari The George Institute for International Health, University of Sydney, Australia, menulis: "Jika efek menguntungkan seperti yang diamati dalam percobaan  adalah nyata, implikasinya terhadap jutaan orang yang telah menderita diabetes mellitus, atau yang risiko di masa depan itu berkembang, akan sangat besar. Sebagai contoh, identifikasi komponen aktif minuman ini akan membuka jalur terapi baru untuk pencegahan diabetes melitus. Hal ini juga dapat dipertimbangkan bahwa kami akan menyarankan pasien kami yang paling berisiko mengidap diabetes melitus untuk meningkatkan konsumsi teh dan kopi di samping meningkatkan tingkat aktivitas fisik dan penurunan berat badan. "

Dr Carrie Ruxton, ahli gizi dan penasehat ilmiah Panel Penasihat Teh, berkata: "Jika teh terbukti dapat bermanfaat dalam membantu mengurangi resiko diabetes, ini adalah kabar baik bagi sejumlah besar orang di Inggris yang menikmati minum teh hitam." Selain itu, minum tiga empat cangkir teh sehari atau lebih cenderung menghasilkan manfaat kesehatan, tidak hanya dalam kaitannya dengan diabetes, tetapi juga untuk kesehatan jantung. Jadi, mulai sekarang minum teh atau kopi tanpa gula ya... karena itu lebih bermanfaat.

Sumber : Telegraph.co.uk
Halaman :
1

Ikuti Kami