Cerdas Pilih Obat Bebas

Solusi Sehat / 19 December 2009

Kalangan Sendiri

Cerdas Pilih Obat Bebas

Tammy Official Writer
4109
\"ObatMeskipun dosis obat yang dijual bebas terbilang aman, tetapi kita tetap perlu cermat memilih dan memperhatikan aturan pemakaian. Apalagi, banyak juga obat bebas yang sebenarnya membutuhkan resep dokter tetapi bisa dibeli secara bebas. Lantas, bagaimana memilih obat warung yang terbaik dan berkhasiat tanpa merusak diri?

1. Obat bebas hanya untuk pertolongan pertama
Malah kita dianjurkan oleh ahli kesehatan agar selalu menyimpan obat bebas yang memang adalah obat legal, seperti obat demam, flu, batuk, dan oralit, di kotak obat sebagai persediaan untuk pertolongan pertama. Namuni, bila gejala sakit masih berlanjut hingga 2 hari Anda harus segera berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Ketahui kandungan obat
Sebelum meminum obat, Anda perlu mengetahui kandungan yang terdapat dalam obat tersebut untuk memastikan agar kita tidak memiliki alergi terhadap kandungan obat.

3. Sesuaikan dengan penyakit
Misalkan, saat Anda batuk, perhatikan apakah batuk tersebut termasuk jenis batuk kering atau batuk berdahak. Begitu pula jika Anda terserang flu. Anda dapat mendeteksinya. Jika flu mengeluarkan cairan encer, maka itu biasanya disebabkan oleh virus. Untuk bisa sembuh, Anda hanya perlu cukup istirahat, minum banyak air, dan makan makanan bergizi. Jika cairan kental, maka itu berarti flu yang disebabkan oleh bakteri dan perlu diatasi dengan minum antibiotik dari dokter.

4. Dosis jangan berlebihan alias pas
Gunakan obat sesuai dosis yang tertera dalam kemasan. Hindari konsumsi kandungan tertentu dari obat dengan dosis dua kali lipat atau lebih.

5. Perhatikan komposisi obat
Dalam memilih obat warung, perhatikan juga komposisinya. Misalnya, Anda memiliki masalah gangguan perut. Untuk itu, Anda sebaiknya menghindari obat-obatan yang mengandung asetosal, ibuprofen, dan asam mefenamat. Pilihlah acetaminophen atau parasetamol. Jika Anda sering mengalami sakit kepala disertai mual, sebaiknya minum obat antimual terlebih dahulu.

6. Jika bersamaan dengan obat resep
Jika Anda terbiasa meminum obat warung sedangkan saat itu Anda sedang konsumsi obat resep, maka tanyakanlah pada dokter atau apoteker sebelum mengkonsumsi obat warung. Pasalnya, obat warung dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang diresepkan dokter.

Cerdaslah memilih obat bebas tersebut demi kesehatan Anda...

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami