Budhi Marpaung

Official Writer
2882


Sukses dan kegagalan adalah dua hal yang berbeda, tetapi sepertinya berjalan beriringan. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan bahwa untuk mengetahui kesuksesan adalah dengan mengalami yang namanya kegagalan. Mungkin ada yang setuju dengan hal ini, tetapi mungkin juga ada yang tidak.

Terlepas dari perbedaan tersebut, ada baiknya kita berfokus kepada hal yang menjadi fokus artikel kali ini, yakni bagaimana membalikkan sebuah kegagalan menjadi keberhasilan. Setidaknya ada empat cara yang ditulis oleh Donny Deutsch dalam bukunya "The Big Idea" untuk mengatasi permasalahan ini:

1. Jadikan Setiap Kata "Tidak' Sebagai Pembukaan, Bukan Akhiran. Bagi Anda yang pernah bekerja dalam dunia pemasaran pasti sering mendengar kata "Tidak' dari calon klien maupun klien Anda ketika sedang mempresentasikan produk tertentu. Apakah Anda berhenti berjalan jika presentasi Anda ditolak? Tentu tidak. Bahkan Anda akan berusaha lebih keras lagi dengan cara memperbaiki presentasi Anda.

Begitu pun halnya ketika Anda berinvestasi, janganlah berhenti ketika orang yang Anda ajak untuk bekerjasama dalam berinvestasi menolak Anda atau produk investasi Anda masih belum juga laku. koreksilah diri Anda selesai pertemuan itu dan mulai identifikasi apa yang membuat presentasi Anda tidak menarik minat mereka. Teruslah lakukan langkah ini sampai Anda berhasil.

2.Gali Makna Dibalik Kata "Tidak'. Anda jangan langsung terburu-buru menjadi lemah saat calon rekanan investor Anda menolak ajakan Anda berinvestasi atau calon konsumen dari usaha Anda yang enggan membeli produk yang Anda tawarkan. Jadikan penolakan tersebut sebagai peluang untuk melakukan riset yang berharga. Dalam setiap kata "TIdak', terdapat serpihan informasi yang akan membantu Anda menyempurnakan metode dan produk Anda.

3.Jangan Menyamaratakan Kata "Tidak'. Jika presentasi bisnis Anda ditolak atau usaha investasi tidak menunjukkan adanya perbaikan, pikirkanlah kalimat ini, "Tidak ada produk atau jasa yang tepat bagi setiap orang". Apa artinya hal ini? Anda berarti belum menemukan orang yang tepat untuk mengembangkan investasi Anda dan orang yang menjadi konsumen dari bisnis investasi Anda. Jangan sungkan untuk menanyakan kepada orang yang menolak Anda untuk mendapatkan informasi tentang siapakah yang mungkin tertarik dengan investasi yang Anda jalani.

4.Dapatkan Kata "Ya' Lain Kali. Perkataan yang bersifat penolakan hendaknya direspon positif oleh Anda karena ini akan sangat membantu dalam mengembangkan karakter Anda ke depannya. Jadikan kata-kata itu sebagai pemacu untuk membuktikan kepada orang-orang yang menolak Anda bahwa perkataan mereka bukan membuat Anda jadi terpuruk justru menjadi cambuk untuk Anda bersemangat mencapai keberhasilan.

Kegagalan dapat dialami oleh setiap orang yang menjalankan investasi atau usaha, tetapi itu tidak akan berlangsung lama bila kita tetap bersemangat meraih kesuksesan yang telah dirancangkan sebelumnya. Oleh karenanya, selamat menikmati proses kegagalan dan keberhasilan dalam investasi-investasi yang Anda kerjakan hari ini maupun di masa mendatang.

Sumber : Donny Deutsch; The Big Idea; Penerbit Gramedia


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us