Hadapi Radikal Bebas Dengan Mengonsumsi Semangka

Gizi & Nutrisi / 18 December 2009

Kalangan Sendiri

Hadapi Radikal Bebas Dengan Mengonsumsi Semangka

Budhi Marpaung Official Writer
4111

Sangat jarang ditemui ada orang yang tidak menyenangi atau tidak menyukai buah semangka. Mulai dari anak kecil sampai orang tua sekalipun doyan untuk mengonsumsi buah berkulit hijau tersebut. Selain rasanya yang manis, warna yang merah pada buahnya menggoda setiap orang yang melihat.

Namun, selain enak untuk disantap, semangka juga banyak dicari karena manfaatnya yang sangat banyak bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah menghabisi radikal bebas yang terdapat dalam tubuh manusia.

Seperti yang kita ketahui bersama, radikal bebas merupakan efek samping dari metabolisme tubuh. Orang-orang yang mengalami hal ini biasa mengalami kondisi dimana pola makannya menjadikacau, pikiran menjadi negatif, kekebalan tubuh akan menurun.

Semangka menjadi jawaban atas permasalahan ini. Kadar likopen yang tinggi pada Semangka dapat menangkal bahkan menghancurkan molekul radikal bebas pada tubuh. Senyawa ini sangatlah ampuh. Sebagai informasi, satu molekul likopen dapat mengatasi beberapa molekul radikal bebas.

Adanya likopen ditambah dengan zat antioksidan lain dalam semangka, seperti betakaroten, membuat buah yang satu ini mampu menyegarkan kembali sel-sel layu yang sudah telanjur dirusak oleh radikal bebas.

Sumber : ahlinyalambung.com; foodasfood.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami