Akhirnya Boeing 787 Dreamliner  Terbang Di Udara

Nasional / 17 December 2009

Kalangan Sendiri

Akhirnya Boeing 787 Dreamliner Terbang Di Udara

Daniel Official Writer
2787

Setelah melalui beberapa kali penundaan, akhirnya jet penumbang raksasa, Boeing 787 Dreamliner, berhasil mengudara, Rabu (16/12). Boeing 787 Dreamliner merupakan jet raksasa yang ramah lingkungan. Ini adalah tonggak penting bagi masa depan industri penerbangan.

Dreamliner mampu terbang jarak jauh dengan menghemat BBM hingga 20 persen. Efisiensi bahan bakar sebagian besar ditopang oleh fakta bahwa lebih dari setengah tempat duduk ganda berukuran menengah dari Dreamliner 787 ini dibuat dari material campuran ringan, seperti damar berlapis fiber karbon.

Dreamliner berhasil melewati uji coba lepas landas dari Paine Field, dekat pabrik boeing di Negara bagian Washington, Amerika Serikat dan tiga jam kemudian mendarat di lapangan udara Boeing di Seattle. Sebelumnya Dreamliner pernah dipesan oleh maskapai penerbangan Jepang namun ditarik kembali karena ada masalah produksi.

Namun demikian, Dreamliner sedang menghadapi persaingan seru dalam pasar penerbangan komersial dengan Airbus, salah satu unit dari Kongsi Pertahanan Aeronotika dan Luar Angkasa Eropa (European Aeronautic Defence and Space Company). Karena Airbus sedang mempersiapkan pesawat A350, sebuah pesawat dengan jelajah terbang tinggi untuk menyaingi Dreamliner dan diperkirakan terbang pertamakali pada pertengahan 2013.

Sepertinya , industri dirgantara kita harus banyak belajar dari Boeing dan Airbus supaya bisa lebih bersaing di dunia Internasional.

Sumber : antaranews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami