SBY-Merkel Makin Akrab

Nasional / 16 December 2009

Kalangan Sendiri

SBY-Merkel Makin Akrab

Tammy Official Writer
3146
Presiden SBY tampak semakin akrab dengan Kanselir Jerman, Angela Merkel. "Sampai bertemu besok, Mr Presiden," ujar Kanselir Jerman Barat Angela Merkel mengakhiri konperensi pers bersama antara Presiden SBY dan Merkel. Dan yang dimaksud oleh Merkel adalah kehadiran kedua pemimpin tersebut di KTT Perubahan Iklim di Kopenhagen, Denmark. "Saya dan Presiden Yudhoyono optimistis bahwa acara di Kopenhagen akan sukses," ujar Merkel dalam jumpa pers setelah makan siang bersama.

Niat presiden SBY sendiri untuk menjadi "consensus builder" mendapat sambutan hangat. Jose Manuel Barosso, Nicholas Sarkozy, maupun Angela Merkel menganggap keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah dan ketua ketika mengadakan KTT Perubahan Iklim di Bali dan menghasilkan Bali RoadMap adalah modal besar bagi SBY dan Indonesia.

SBY - Merkel"Posisi dan pengalaman Presiden Yudhoyono membuat dia akan jadi co-chair di KTT Kopenhagen," ujar Angela Merkel. Posisi co-chairman memang otomatis melekat pada kepala negara yang pernah menjadi tuan rumah COP, yakni Indonesia, Polandia, dan kini Denmark. Mereka dianggap troika yang diharapkan membantu memastikan KTT berjalan baik pada akhirnya, menghasilkan kesepakatan yang mengikat semua pihak untuk menurunkan emisi dan mendanai negara miskin dalam memitigasi dan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

Di saat makan siang, presiden SBY juga membicarakan peningkatan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi, pendidikan, bantuan teknologi dan keuangan, serta dialog antar agama, termasuk membangun persepsi lebih baik soal Islam dan Barat. Saat makan siang pula, Angela Merkel berjanji akan berkunjung ke Indonesia tahun 2011 mendatang.

Ya, mudah-mudahan dengan eratnya antara kedua pemimpin tersebut dapat membuka hubungan bilateral yang lebih baik lagi antara negeri ini dengan negara pimpinan Merkel.


Sumber : vivanews.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami